Tolak Kepsek Baru, Orang Tua Siswa SMA 5 Ternate 'Segel' Sekolah

Orang tua siswa SMA Negeri 5 Ternate dan warga Dufa-Dufa membentang spanduk menolak Kepsek yang baru saja dilantik Dikbud Provinsi Malut, Rabu (3/3/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Puluhan orang tua siswa bersama warga Dufa-Dufa, Kecamatan Ternate Utara memalang sekolah SMA Negeri 5 Kota Ternate, Rabu (3/3/2021).

Mereka menolak Diva Farah yang baru dilantik menjadi kepala sekolah oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara mengganti Dewi yang menjabat sebagai Plt Kepsek. Aksi itu dilakukan dengan membentang spanduk di pintu masuk sekolah.

Para siswa pun dipulangkan pihak sekolah sebelum jam pulang. "Kami masyarakat Dufa-Dufa atau khususnya orang tua wali murid menolak kepala sekolah dari luar, siapa pun orangnya,"kata Kharaman Hirto, salah satu warga Dufa-Dufa.

Untuk itu, kata Kharman, sebagai orang tua murid, pihaknya menuntut Dikbud Malut segera menunjuk kembali Kepsek baru yang berasal dari sekolah tersebut dan tahu masalah di SMA 5 Ternate.

"Kita minta pucuk pimpinan sekolah ini adalah orang yang tahu betul kondisi sekolah,"harapnya.

Dia bilang, jika syaratnya adalah pegawai yang memiliki nomor unik kepala sekolah (NUKS), maka pihaknya bisa merekomendasikan orang yang memenuhi syarat tersebut.

"Padahal wakasek sekolah disini kan miliki NUKS. Jadi, kenapa tidak dia saja yang dilantik,"pungkasnya.

Sekedar diketahui, hingga kini masyarakat Dufa-Dufa dan orang tua wali murid melakukan blokade dipintu masuk sekokah.(cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram