Mantan Kabid Humas Polda Malut Tutup Usia

AKBP (Purn) Hendri Badar semasa hidup. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Mantan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Maluku Utara AKBP (Purn) Hendri Badar tutup usia pada Rabu (3/3/2021).

Informasi dari Bidhumas Polda Malut, Hendri meninggal di RSUD Chasan Bosoeirie, Ternate pukul 10.30 WIT.

Almarhum dimakamkan di pemakaman umum Kelurahan Kayu Merah, Ternate Selatan pukul 17.00 WIT sore tadi. Kepergiaan mantan juru bicara Polda Malut itu meninggalkan duka mendalam bagi jurnalis di Maluku Utara.

Irman Saleh, salah satu wartawan senior menuturkan, almarhum adalah sosok polisi sederhana yang menginspirasi.

Baginya, Hendri bukan hanya juru bicara di Korps Bhayangkara, lebih dari itu dirinya menjadi orang tua bagi semua wartawan. “Di mata wartawan, Pak Hendri bukan sebatas kabid humas, tetapi juga sebagai orang tua. Almarhum mampu menempatkan diri dengan baik di tengah-tengah masyarakat,”kata Irman kepada malutpost.id.

Irman bilang, selama mengeban tugas sebagai Kabid Humas, almarhum selalu mengedepankan sikap persuasif terutama terhadap wartawan dan masyarakat dalam rangka kepentingan Polda Malut.

"Saya sangat kenal dengan beliau selama kurang lebih 7 tahun menjabat Kabid Humas Polda, beliau suka diskusi dengan wartawan terkait dinamika di tengah masyarakat,”kata Irman.

Senada, Halik Djokrora berujar, almarhum adalah sosok polisi yang humanis. Halik mengaku mengenal dekat dengan almarhum sejak 2004 saat dirinya menjadi Anggota Panwaslu Kota Ternate (sekarang Bawaslu).

"Sosok sederhana yang ada pada diri beliau, murah senyum sering menyapa menjadi ciri khas almarhum setiap kita bertemu,”kata Halik.

Halik bilang, almarhum selama bertugas selalu mengendepankan sikap humanis terhadap siapa saja yang Ia temui. Sebagai seorang perwira menengah atas, lanjut Halik, tak membuat mantan Wakapolres Tidore Kepulauan itu jumawa. Bagi Halik, almarhum adalah sosok tauladan bagi polisi lainnya yang selalu menjadikan masyarakat sebagai sahabat dalam bertugas.

"Sosok seperti beliau saat ini sangat dibutuhkan pada kepolisian sebagai penyagom dan pelindung masyarakat. Selalu beriterasi dengan semua komponen yang berkaitan dengan tugas beliau, baik itu ditunjukan sejak mememgang beberapa jabatan seperti Kapolsek dan Wakapolres, Kabag OPS Polres Ternate sampai saat beliau menjadi juru bicara Polda Malut,”papar Halik.

Kepribadiannya yang dingin itulah, tambah Halik, membuat posisinya tidak tergantikan meski pucuk pimpinan polda silih berganti hingga almarhum pensiun dari kepolisian pada 2020 lalu.

"Selama menjabat sebagai mitra dengan pers, almarhum mampu menjembatani antara kepentingan lembaga dengan teman-teman pers. Almarhum mampu memanfaatkan pers sebagai corong polisi dengan masyarakat. Kami rindu sosok seperti almarhum di Polda dan jajaran di Maluku Utara,” pungkas Pemimpin Redaksi media Maluttoday.com ini. (ikh)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram