Resmi Jabat Pj Wali Kota Ternate, Ini Sikap Hasyim Jelang Putusan MK


Sofifi,malutpost.id -- Hasyim Daeng Barang resmi didapuk menjadi Penjabat Wali Kota Ternate. Kepala Dinas Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) Pemprov Maluku Utara ini dilantik Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba di kantor Gubernur Malut, Rabu (17/3/2021).

Pasca dilantik Hasyim langsung mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Ternate, untuk netral menghadapi sidang putusan Pilkad Kota Ternate di Mahkamah Konstitusi RI.

Hasyim bilang, dirinya ditugaskan oleh Menteri Dalam Negeri untuk mengisi jabatan Wali Kota Ternate hingga dilantiknya Wali Kota dan Wakil Wali Kota definitif.

"Pilwako Ternate saat ini masih dalam proses di MK, jadi apapun putusan MK, saya minta seluruh masyarakat harus bisa menerima dan ASN juga harus netral,"ungkapnya.

Jebolan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) ini juga mengklarifikasi soal video yang beredar saat dirinya melakukan pencoblosan saat Pilwako Ternate 9 Desember 2020 lalu.

Menurut Hasyim, video yang disebarkan itu adalah hak politik dirinya, hanya saja sengaja disebarkan oleh oknum tertentu dengan maksud dan tujuan yang tidak diketahui sebabnya.

"Sebagai warga negara, saya juga punya hak politik, jadi video itu adalah konsumsi pribadi saya, tapi saya tidak tahu ada oknum yang sengaja memviralkan dengan maksud dan tujuan tertentu. Prinsipnya saya sebagai ASN dan menjabat sebagai Pj Wali Kota, saya tetap netral apapun putusan MK nanti,"tegasnya.

Hasyim juga meminta dukungan masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan meski hanya dalam waktu singkat.

"Prinsipnya saya tetap menjalankan tugas sesuai amanat UU,"tandasnya.

Pelantikan mantan ajudan pribadi Gubernur AGK itu berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.82-470 Tahun 2021 tanggal 10 Maret 2021, tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. (din)


-

Peliput : Samsudin Chalil

Editor   : Ikram