Ini Tiga Calon Rektor Unkhair Ternate dari Fakultas Ekonomi

Rapat senat Fakultas Unkhair Ternate menetapkan 3 nama sebagai calon rektor Unkhair 2021, Rabu (17/3/2021). (isitmewa) 

Ternate, malutpost.id -- Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate bakal mengirim tiga wakilnya sebagai calon rektor Unkhair Ternate 2021.

Mereka adalah Prof. Dr. Abdul Wahab Hasyim, Dr. Nahu Daud, dan Dr. Mukhtar A. Adam.

Ketiga nama ini diputuskan melalui rapat senat Fakultas Ekonomi pada, Rabu (17/3/2021).

"Ini sekalius menentukan jadwal pendaftaran pada 22 Maret 2021 nanti,"kata Mukhtar Adam kepada malutpost.id, Kamis (18/3/2021).

Mukhtar menjelaskan, sebelum pendaftaran, senat Fakultas Ekonomi akan menggelar focus group discution (FGD) terlebih dahulu dengan tema “Peta Jalan Unkhair sebagai Ikhtiar Bagi Percepatan Pengembangan Unkhair yang Inklusif dan Bermakna Bagi Pembangunan Daerah dan Nasional”.

"Fakultas Ekonomi akan mengawal visi besar Unkhair kedepan, dengan berbagai tantangan yang dihadapi,”jelas pengamat ekonomi Unkhair Ternate tersebut.

Menurut Mukhtar, tantangan Unkhair kedepan jauh lebih berat, selain tuntutan pasar kerja yang jauh lebih produktif dan inovatif, sebagai dampak dari perubahan ekonomi dari agreris ke industri yang di topang sektor tambang. 

Faktor lain, kata Mukhtar, Unkhair bergeser dari universitas berstatus satker ke BLU membutuhkan enterpreneur university yang menggeser paradigma kampus di menara gading menjadi kampus yang membumi, menghadirkan berbagai resolusi perubahan sosial ekonomi dan kebangsaan

"Karena itu pemilihan rektor periode ini adalah kompetisi gagasan perubahan yang ditawarkan masing-masing calon rektor ke masyarakat kampus dan Kemendikbud sebagai jalan tengah kampus merdeka menuju Indonesia satu abad,"papar Mukhtar.

Di sisi lain, lanjut Mukhtar, kesejahteraan dosen dan tenaga kependidikan juga masih menjadi problem bagi produktivitas dosen dan tenaga kependidikan.

"Untuk itu, percepatan pembangunan kampus harus memastikan kesejahteraan dosen dan ketenaga kependidikan terpenuhi bagi percepatan pembangunan kampus,"pungkasnya. (ikh)


Peliput : Tim

Editor   : Ikram