MK Tolak Seluruh Permohonan MHB-GAS di Pilkada Ternate

Sidang PHP di Mahkamah Konstitusi. (Dok. Humas/MK)

Ternate, malutpost.id -- Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan perselihan hasil pemilihan (PHP) Pilkada Kota Ternate 2020 yang diajukan pasangan calon nomor urut 3, M Hasan Bay dan M Asghar Saleh.

"Dalam pokok permohonan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,”ujar Ketua MK Anwar Usman dalam sidang pengucapan putusan sengketa Pilkada 2020, Senin (22/3/2021).

Menurut Mahkamah, seluruh dalil pemohon tidak beralasan menurut hukum. Dalam amar yang dibacakan Hakim Konstitusi, Mahkamah tidak menemukan.

Seperti permohonan sejumlah TPS di Kelurahan Akehuda, Tubo, Sangaji dan Kelurahan Toboleu, Kecamatan Ternate Utara terdapat pemilih yang tidak berhak telah menggunakan hak pilih orang lain yang tidak terdaftar di DPT yang tidak hadir pada saat pencoblosan.

Terkait perihal itu, menurut Mahkamah, pemohon tidak menguraikan dengan jelas siapa pemilih yang tidak berhak tersebut, berapa jumlahnya, mengapa tidak berhak, dan di TPS-TPS lain mana saja pemilih menggunakan hak pilihnya.

"Selain itu karena tidak diuraikan secara jelas, Mahkamah menjadi sulit membuktikan dalil tersebut,”kata Hakim MK.

Demikian pula dengan keterangan saksi Saiful M Saleh dalam persidangan yang menerangkan adanya pemilih yang menggunakan hak pilihnya lebih dari satu kali yaitu pemilih atas nama Imran Yasim (DPT TPS 01 Akehuda dan DPTb 02 Akehuda) dan Yeni (DPT TPS 01 Akehuda dan DPTb 02 Akehuda).

"Selain tidak diuraikan dalam permohonan bukti yang diajukan oleh pemohon pun tidak menyakinkan Mahkamah. Sehingga menurut Mahkamah, dalil pemohon a quo tidak jelas serta tidak dipertimbangkan lebih lanjut, dan karena tidak beralasan menurut hukum,”kata Hakim.

Dengan putusan tersebut, artinya Surat Keputusan KPU Ternate Nomor 116/PL.02.6-Kpt/8272/KPU-Kota/XII/2020 tentang Penetapan Suara dan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate Tahun 2020 dianggap sah. (ikh)


-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram