Arahan 'Misterius' Mendagri Bikin Tahapan Pilkades Kepsul Ditunda

Aswin Soamole (kiri) bersama Sait Losen. (istimewa)

Sanana, malutpost.id -- Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 pada 78 desa di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) kembali ditunda. 

Penyebabnya, berkas bakal calon kepala desa belum selesai diverifikasi.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kepsul Aswin Soamole menyatakan, alasan lain tahapan pesta demokrasi itu ditunda karena ada arahan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hanya saja, Aswin menolak menjelaskan arahan tersebut. 

"Ada arahan-arahan dari Mendagri yang belum bisa saya sampaikan ke publik. Nanti setelah kami gelar rapat dengan Panitia Pilkades desa baru bisa saya sampaikan,"katanya kemarin (23/3).

Aswin yang juga Sekretaris Panitia Pilkades tingkat Kabupaten ini bilang, ada perubahan teknis tertentu yang berdampak langsung pada penundaan tahapan.

"Jadi, bukan saja tahapan pencoblosan yang akan ditunda. Tapi tahapan lainnya juga,"tuturnya.

"Tapi yang pastinya Pilkades tidak batal gelar tahun ini. Pilkades tetap jalan. Tapi sekali lagi ada hal-hal tertentu yang belum bisa saya sampaikan ke media,"pungkas Aswin.

Senada, Kepala Badan Kesbangpol Kepsul, Sait Losen menegaskan, hajatan demokrasi yang sudah diagendakan Pemda Kepsul tetap digelar.

"Tetap dilaksanakan Pilkades. Bisa jadi, ada perpanjangan waktu pendaftaran sehingga berdampak ke tahapannya. Yang jelas Pilkades tetap jalan,"pungkasnya. (cr-01)


-

Peliput : Gunawan Tidore

Editor    : Ikram