Ini Jadwal Paripurna Penetepan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate

Muhajirin Bailussy. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Ternate telah mengagendakan paripurna penetapan wali kota dan wakil wali kota Ternate terpilih.

Rencananya, paripurna penetapan M Tauhid Soleman dan Jasri Usman sebagai wali kota dan wakil wali kota dilaksanakan dalam pekan ini. Selasa (23/3/2021), Banmus telah menggelar rapat membahas tentang paripurna tersebut.

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy menjelaskan, paripuran penetapan kepala daerah terpilih dilakukan setelah penetapan calon terpilih oleh KPU kabupaten/kota.

Sebagaimana penjelasan UU Nomor 8 Tahun 2015 Pasal 160 ayat 3 yang menegaskan bahwa pengesahan, pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan calon terpilih dari KPU kabupaten/kota.

"Yang disampaikan oleh DPRD kabupaten/kota kepada menteri melalui gubernur. Sebagai implikasi DPRD, kabupaten/kota mengumumkan pada rapat paripurna hasil penetapan calon Bupati dan wakil Bupati serta Walikota dan wakil walikota sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui gubernur,”jelas Muhajirin.

Ketua DPC PKB Kota Ternate itu bilang, informasi yang diterima pihaknya, KPU menjadwalkan penetapan pasangan terpilih akan dilakukan pada Jumat (26/3/2021) siang. "Jadi rencana paripurna pada Jumat malam setelah penetapan dari KPU,"tandasnya.(mg-03)


-

Peliput : Muhatir Badarudin

Editor   : Ikram