Resmikan Bandara Kuabang, Jokowi Perintahkan Menhub Tambah Penerbangan

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri meresmikan Bandara Kuabang, Halmahera Utara, Rabu (24/3/2021). (Foto: Penrem 152 Babbullah)

Tobelo, malutpost.id -- Presiden Joko Widodo berjanji memaksimalkan pelayanan penerbangan di Bandar Udara Kuabang , Kabupaten Halmahera Utara pasca diresmikan.

Permintaan itu disampaikan Jokowi kepada Menteri Perhubungan saat meresmian Bandara Kuabang Kao, Halmahera Utara, Rabu (24/3) kemarin.

"Pasca dari peresmian ini, jadwal penerbangan harus ditambahkan lagi dari satu kali menjadi dua kali penerbangan dalam sehari. Nanti itu ditindaklanjuti Menteri Perhubungan,"tegas Jokowi.

Jokowi menjelaskan,  di pemerintahan keduanya ini lebih difokuskan pada percepatan infrastruktur berupa jalan, serta infrastruktur mendesak lainnya yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Lebih lanjut, Jokowi meminta pelayanan Bandara Kuabang harus diperhatikan terutama dalam pelayanan penerbangan, waktu dan lainnya.

"Kita ingin Indonesia ketinggalan soal pembangunan infrastruktur dan kualitas SDM dengan negara lain. Saya minta Menteri Perhubungan agar pastikan penerbangan Bandara ini, satu minggu dua kali,”ujar Jokowi.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sebelum pandemi Covid 19, bandara ini melayani dua penerbangan reguler dan satu pesawat carter atau sewaan dalam seminggu dengan rute Kao–Ternate. Namun saat pandemi, hanya penerbangan dengan pesawat carter.

"Saya sampaikan agar Presiden dapat menyetujui untuk dilakukan pelebaran jalan dari Sofifi ke Kao, agar bandara ini dapat berkembang,”tandasnya.

Bandara yang dibangun dengan dana Rp300 miliar itu memiliki daya tampung 160 ribu penumpang per tahun dan diyakini dapat mendorong pertumbungan ekonomi di Maluku Utara.

Dalam kunjungan itu, Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.(rid)


-

Peliput : Ridwan Arif

Editor   : Ikram