KPU Belum Tentukan Daftar Pemilih di PT NHM


Tobelo, malutpost.id -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara hingga saat ini belum memulai kesiapan pemungutan suara ulang (PSU) di 4 TPS dan pengumutan suara susulan (PSS) di PT NHM.

Padahal, perkara perselisihan hasil pemilihan (PHP) Halut telah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) sejak Senin, 22 Maret 2021 atau sudah memasuki hari keempat.   

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Halut, Sefriando Bitakono kepada malutpost.id mengatakan, pihaknya siap untuk menindaklanjuti perintah Mahkamah Konstitusi.

Namun, terkait jadwal pastinya, menurut dia, belum ditentukan pihaknya. Sebab, masih akan menunggu pertemuan bersama dengan KPU RI.

"Kami laksanakan dalam waktu dekat. Karena, waktu yang diberikan selama 45 hari setelah putusan di MK,"ujar Sefriando, saat dikonfirmasi melalui seluler, Jumat (26/3/2021).

Soal daftar pemilih di PT NHM, Edi sapaan akrabnya mengaku, belum ditentukan. Sedangkan untuk daftar pemilih di 4 TPS, lanjutnya,  tetap menggunakan data sebelumnya. 

Empat TPS yang melaksanakan PSU diantaranya; TPS 07 Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo memiliki 338 jiwa pilih, TPS 02 Desa Tetewang Kecamatan Kao Teluk, 188 jiwa pilih, TPS 01 dan 02 Desa Supu Kecamatan Loloda masing-masing memiliki 442 dan 483 jiwa pilih.

"Kalau sesuai dengan data dari NHM berjumlah 632 jiwa pilih. Tapi, jumlah tersebut masih diverifikasi oleh KPU,"pungkasnya.(cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram Salim