Besok, Kapal Spanyol Tiba, Disambut Juanga Kerajaan Tidore

Kapal latih Spanyol yang akan berlabuh di Tidore, Sabtu (27/3/2021). (istimewa)

Tidore, malutpost.id -- Kapal latih angkatan laut Spanyol akan tiba di Kota Tidore Kepulauan, Sabtu (27/3/2021) besok.

Kapal tersebut membawa serta 270 orang dari Spanyol. Kegiatan tersebut masih merupakan rangkaian peringatan 500 tahun perjalanan Spanyol yang dipimpin oleh Juan Sebastian de Elcano mengelilingi dunia hingga mendarat di Tidore pada tahun 1521.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Tikep, Asis Hadad mengatakan, persiapan panitia lokal dalam menyambut kedatangan kapal latih Spanyol sudah matang.

Berdasarkan rundown, kapal jenis pinisi  itu akan dijemput oleh kapal Kagunga Sultan yang ditumpangi Sultan Tidore, Wali Kota, Duta Besa, tamu pejabat dan 12 kapal juanga Hongi Kesultanan di Pelabuhan Rum.

Kapal Kagunga dan 12 kapal Hongi itu akan mengiringi kapal Spanyol menuju Mareku.

Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Soasio dan berlabuh di depan pantai Tugulufa.

Sultan beserta tamu VVIP lalu menuju ke Kampoeng Rameang.

Di sana pula, mereka diterima dengan upacara penyambutan dan tarian sekaligus mengikuti rangkaian acara lainnya.

Sementara, pada Ahad, 28 Maret 2021 dilanjutkan dengan rangkaian acara lainnya seperti pertujukan tarian daerah, tour ke lokasi sejarah, pemasangan prasasti di benteng Tahula dan prasasti 500 tahun perayaan Magellan de Elcano sircumnavigation di Tugulufa serta menghadiri kick off Hari Jadi Tidore dan Sail Tidore.

Sedangkan pada Senin 29 Maret 2021, dilakukan pelepasan kapal latih Spanyol.

“Kapal latih Spanyol itu tidak sandar di Tidore. Hanya berlabuh, mulai dari Sabtu sampai Minggu, hari Senin kapal sudah tinggalkan Tidore dan berlabuh di Ternate,” kata Asis mengakhiri. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram