Presiden Jokowi Bentuk Tim Percepatan Kawasan Khusus Ibu Kota Sofifi

Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba saat berkunjung ke Halmahera Utara, Kamis (25/3/2021). (Foto: Pendem 152 Babbullah).

Ternate, malutpost.id -- Upaya Gubernur Provinsi Maluku Utara Abdul Gani Kasuba mendorong percepatan pembangunan di Sofifi sebagai Ibu Kota Provinsi Maluku Utara kepada Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan di Halmahera Utara tiga hari lalu langsung terealisasi.

Pasca kunjungan, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Dalam Negeri membentuk Tim Percepatan Pembangunan Ibu Kota Provinsi Maluku Utara dan Ibu Kota Provinsi Kalimatan Utara.

Hal itu termuat dalam Surat Kemendagri Nomor 120/2101/SJ yang ditangani Sekretaris Jenderal Kemendagri DR. Ir. Muhammad Hidori tertanggal 26 Maret 2021.

Terdapat tiga poin pada surat yang ditujukan kepada Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba tersebut. Pada poin pertama disebutkan: Kementerian Dalam Negeri akan menindaklanjuti arahan Bapak Presiden tersebut guna percepatan pembangunan Ibu Kota Provinsi Maluku Utara dan Ibu Kota Kalimatan Utara.

Kedua, untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut, Kementerian Dalam Negeri telah membentuk Tim Percepatan Pembangunan Ibu Kota Provinsi Maluku Utara dan Ibu Kota Provinsi Kalimatan Utara.

“Terakhir, Kemendagri akan menurunkan tim yang dipimpin Staf Khusus Kemendagri Bidang Keamanan dan Hukum dan Staf Khusus Mendagri Bidang Politik Pembentukan Jaringan pada, 30 Maret 2021,”demikian bunyi surat yang dikutip malutpost.id.

Plt Kepala Biro Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Provinsi Maluku Utara, Rahwan K Suamba menjelaskan, surat dari kementrian tersebut telah diterima Gubernur Malut. Rahwan bilang, tim percepatan tersebut akan berada di Sofifi beberapa hari untuk melakukan pemantapan.

"Suratnya sudah diterima itu terkait pemberitahuan kedatangan tim percepatan pembangunan  Ibu Kota Sofifi,"kata Rahwan. (cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram