BNNP Malut Tangkap Tangan 2 Pemuda sedang Jemput Ganja

Sebanyak 96 paket ganja kering siap edar berhasil diamankan petugas BNNP Malut, Ahad (21/3/2021). (Dok. BNNP Malut)

Ternate, malutpost.id -- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara menangkap tangan 2 pemuda berinsial IM (18 tahun) dan RM alias Rahul (20 tahun) sedang menjemput paket ganja di salah satu jasa pengiriman di Kota Ternate, Ahad (21/3/2021).

Dalam paket berisi ganja sebanyak 198 sachet ganja kering dengan total berat 445 gram. 

Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan menuturkan, petugas BNNP menerima informasi ada pengiriman paket ganja melalui jasa ekspedisi.

"Selain barang bukti ganja kering siap edar, dari tangan tersangka juga disita satu telepon genggam merk Xiaomi,"katanya dalam rilis yang diterima, Senin (29/3).

Roy mengungkapkan, barang haram tersebut disinyalir menyasar pelajar dan mahasiswa di Maluku Utara khususnya di Ternate.

"Iya, contoh pekan lalu, petugas kepolisian menangkap pelajar yang menyalahgunakan ganja,"jelasnya.

Jendral bintang satu BNNP ini menjelaskannya, ganja merupakan salah satu jenis narkotika golongan satu yang dapat merusak otak dan berdampak pada perubahan perilaku dan karakter.

Sehingga penyalahgunaanya dapat berpotensi bagi si-pengguna melakukan tindakan kriminal.

"Sebab itu, saya menegaskan patut diwaspadai peredaran narkotika jenis tanaman ini oleh masyarakat Maluku Utara,"himbaunya.

Sementara tes urine terhadap kedua tersangka hasilnya positif. Keduanya dijerat dengan pasal 111 dan 131 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. "Ancaman hukum 5 sampai dengan 20 tahun penjara,"pungkasnya.(mg-07)


-

Peliput : Aksal Muin

Editor   : Ikram Salim