Tangkap 2 Pelaku Narkoba, Polres Halmahera Barat Amankan Ganja dan Ribuan Obat Penenang

DIAMANKAN: Pelaku dan barang bukti yang diamankan di Polres Halmahera Barat (Halbar), Selasa (30/3) malam tadi. (istimewa)

Jailolo, malutpost.id --  Tim Reserse Mobile (Resmob) Polres Halmahera Barat, Maluku Utara menangkap AI alias Andi dan RI alias Risman, terduga pelaku narkoba jenis ganja. Dalam pengungkapan itu, polisi berhasil mengamankan dua terduga pelaku berbeda jaringan. Pelaku Andi ditemukan ganja Gorilla, sedangkan Risman ditemukan obat penenang.  

Kasat Reskrim Polres Halbar, IPTU Elvin Septian Akbar menjelaskan, polisi lebih dulu menciduk Andi pada pukul 12.10 WIT di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Desa Acango, Kecamatan Jailolo. Saat penangkapan, polisi menemukan 7 linting sintetis jenis Gorila dan 1 paket ganja Gorila belum dilinting. 

Anggotanya juga menyita uang Rp845 ribu dan 1 unit sepeda motor jenis Scoopy warna merah hitam. Di rumah tersangka, tim juga menemukan kertas pembungkus MarsBrand dan handphone merek Vivo hitam.

"Dari informasi tersebut tim Resmob mengintai dan menangkap pelaku Andi alamat Desa Guaemaadu Kecamatan Jailolo, pelaku sudah digiring ke Polres Halbar bersama BB untuk pemeriksaan lanjutan,"Elvin Septian Akbar kepada malutpost.id, Rabu (31/3/2021).

Berselang 7 jam kemudian, tim Resmob Polres Halbar meringkus Risman di Desa Soakonora, Kecamatan Jailolo  sekira pukul 17.30 WIT. Risman diketahui menjemput paket kiriman berisi narkoba di salah satu jasa pengiriman.

Di tangan lelaki 32 tahun itu, petugas menemukan 1 dus besar yang di dalamnya berisi 14 dus kecil obat penenang Grantusif yang mengandung Dexamethorphan dan 1 handphone Nokia warna biru hitam. 

"Jika dihitung semua maka semuanya 1.400 butir pil. Setelah digeledah, pelaku dan barang bukti langsung diamankan di polres,"lanjutnya.

"Kita juga berkoordinasi dengan penyidik Polda Malut soal obat itu untuk diuji di laboratorium forensik,"tandasnya. (met)


-

Peliput : M Nur Husen

Editor   : Ikram Salim