Misa Kamis Putih di Ternate, Pastor: Jadi Perekat Kebersamaan, Persaudaraan dan Silaturahmi

Suasana Misa Kamis Putih di Gereja Katolik Santo Willibrodus Ternate, Maluku Utara, Kamis (1/3/2021). (Foto: Ramlan/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Perayaan Misa Kamis Putih, di Gereja Katolik Santo Willibrordus Ternate, Kamis (1/4/2021) malam hari ini, berlangsung khidmat. 

Kamis Putih yang dikenal sebagai malam perjamuan terakhir Yesus bersama 12 muridnya tersebut dipadati oleh jemaat di Ternate. “Saya juga terkejut. Karena, sangat banyak, padahal, minggu kemarin terjadi pengeboman di Gereja Katedral Makassar,” ungkap Pastor Kepala Gereja Katolik Santo Willibrordus Ternate, Titus Rahail, usai Ibadah, kepada malutpost.id, Kamis (1/4/2021).

Menurut Titus, meski terjadi aksi teror namun situasi di Kota Ternate tetap kondusif. Sebab, kebersamaan, persaudaraan dan silaturahmi menjadi tali perekat. 

“Itu yang memberikan semangat dan harapan, sehingga rasa takut tidak ada lagi,”ucapnya.

Pihaknya, juga merasa bersyukur dan berterima kasih atas dukungan semua pihak, baik pemerintah dan masyarakat sekitar, lewat pengamanan. Sehingga, perayaan Misa Kamis Putih berjalan dengan lancar. 

“Khusus juga untuk teman-teman wartawan, kami mengucapkan banyak terima kasih bisa meliput kegiatan ini,”kata Titus.

Untuk itu, lewat perayaan ini, Dia berharap, umat terus diberikan kekuatan, pengharapan, dan kepastian dalam seluruh perjalanan hidup serta bisa membangun semangat melayani tanpa mengenal latar belakang.

“Karena pengabdian dan pelayanan itu nilai kemanusiaan yang menjadi realitas ajaran Yesus sendiri,”harapnya.

Sekedar diketahui, sebelum puncak perayaan Paskah, umat Katolik mendahului dengan Minggu Sengsara, Minggu Palem dan berlanjut pada Trihari Suci, yakni Kamis Jumat dan Sabtu. 

“Tujuannya mengenang kesengsaraan Kristus. Mulai dengan Kamis Putih, pada hari ini itu Yesus menetapkan Ekaristi sebagai sumber dan puncak seluruh perjuangan hidup bagi manusia dan besok Jumat masuk kesengsaraan, kemudian Sabtu itu kebangkitan,”pungkasnya.(cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram Salim