Besok, Hasyim Berhentikan Ratusan PTT "Siluman" Pemkot Ternate

Hasyim Daeng Barang. (Foto: Sudin/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Pemerintah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara akan memberhentikan ratusan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkup pemkot.  

"Ada 974 PTT yang akan kita berhentikan besok,"kata Pj Wali Kota Ternate Hasyim Daeng Barang, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, PTT saat ini berjumlah 3.540 orang. Sementara mereka yang diberhentikan merupakan rekrutan 2020 lalu. Hasyim berujar, penambahan jumlah PTT tersebut menambah beban keuangan daerah yang tengah kesulitan. 

"Mau cari pemotongan dimana lagi. Ya itu korbankan PTT, daripada TTP (tunjangan tambahan penghasilan, red). Pilih saja mau PTT atau TTP, kalau TTP kita hanya bisa bayar 6 bulan, sisanya tidak lagi,"ucapnya.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku Utara itu mengaku heran dengan pengangkatan PTT tahun 2020 yang dinilai tidak urgen dan tanpa melalui analisi beban kerja. Padahal, pemerintah diminta tidak lagi melakukan pengangkatan melalui edaran pemerintah pusat pada 2018 lalu. 

Hasyim menyebut pekerja yang diangkat itu adalah pekerja siluman dan memiliki tujuan tertentu. "Ada faktor X (Pilkada 2020) atau sebagainya, teman-teman wartawan pasti tahulah,"pungkasnya.(rey)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram Salim