Gempa 6,0 SR Guncang Sulut, Terasa hingga Maluku Utara

Petugas Stasiun Geofisika Ternate saat memantau titik gempabumi yang terjadi di Maluku Utara beberapa waktu lalu. (Foto: Muhatir/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang wilayah Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (10/4/2021), pukul 17.30 WITA. Goncangan gempa terasa hingga di sejumlah wilayah Maluku Utara  seperti Ternate, Tobelo, Kao dan Sanana. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan lokasi gempa terletak pada koordinat 3.99 Lintang Utara,124.73 Bujur Timur. Atau lebih tepatnya 94 km Barat Laut Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Kedalaman gempa berada pada 295 km, tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Ternate Andri Wijaya Bidang, saat dikonfirmasi membenarkan pusat gempa terjadi di Sulut namun terasa  juga di Malut. Menurutnya, gempa tersebut termasuk kategori gempa dalam. "Sehingga spektrum energi gempanya dapat lebih jauh menjalar,"jelas Andri.

Menurutnya, belum laporan dampak dari gempa tersebut seperti kerusakan. Dia bilang, berdasarkan hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,"harapnya.(rey)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram Salim