Longboat Tenggelam, 5 Nelayan Halmahera Selatan Hilang

Tim Basarnas Ternate bersiap menuju ke lokasi kejadian, Ahad (11/4/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Lima nelayan asal Desa Gala, Kecamatan Obi Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara dikabarkan hilang saat melaut pada, Sabtu (10/4/2021).

Longboat yang ditumpangi mereka terbalik dan tenggelam. Hingga saat ini, kelima nelayan di antaranya Eli Ilyas (30 tahun), Faldi (18 tahun), Diko (18 tahun), Kadli (25 tahun) dan Maswin (21 tahun) itu belum ditemukan.

Menurut warga, peristiwa yang menimpa 5 nelayan itu disaksikan oleh seorang nelayan Desa Gala yang memilih kembali ke kampung untuk memberitahukan informasi tersebut kepada keluarga korban. 

Saat ini Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate telah mengirim tim rescue ke Halsel untuk pencarian.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengatakan, berdasarkan laporan, kelima nelayan itu tenggelam di perairan antara Pulau Gala dan Pulau Toboli. 

Perahu longboat yang mereka gunakan keluar sejak Sabtu kemarin pukul 14.00 WIT, dan belum kembali hingga sekarang. 

"Jadi, dalam perjalanan pulang kembali ke Pulau Gala pada pukul 14.40 WIT, longboat diterjang cuaca buruk yang mengakibatkan longboat tersebut tenggelam,"jelasnya.

"Sat kejadian ada nelayan yang lihat tapi perahu yang digunakan saksi terlalu kecil dan cuaca yang buruk di sekitar lokasi kejadian sehingga dia memilih balik ke Gala,"terangnya.

Pencarian juga sudah dilakukan oleh keluarga bersama masyarakat, namun belum membuahkan hasil.

Menurut dia, Tim Rescue Unit Siaga SAR Bacan mulai melakukan pencarian hari ini dan sudah diberangkatkan menuju ke lokasi kejadian menggunakan speedboat masyarakat Bacan. 

"Basarnas Ternate juga menggerakkan KN SAR 237 PANDUDEWANATA menuju lokasi kejadian untuk melakukan operasi pencarian. Perkembangan pencarian akan disampaikan,"pungkasnya.(rey)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram Salim