DPRD Minta Pj Wali Kota Ternate Berhentikan Semua PTT

Hasyim Daeng Barang. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- DPRD Kota Ternate mendukung langkah Pj Wali Kota Ternate Hasyim Daeng Barang memberhentikan 974 Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Pemkot Ternate. 

Hal ini diakui Hasyim usai rapat dengar pendapat dengan DPRD Kota Ternate. "Tadi DPRD minta saya untuk berhentikan semua yang total 3540 orang jangan hanya 974 itu, makanya Asisten I saya bilang langsung bikin penyisiran, selama satu minggu agar temukan data valid,”kata Hasyim.

Menurutnya, ada juga anggota DPRD yang memintanya melihat sisi kemanusiaan. Hanya saja, Hasyim menegaskan, anggaran untuk belanja pegawai di Pemkot Ternate saat ini tembus Rp400 miliar lebih termasuk. Baginya, besaran tersebut tidak wajar, karena dana alokasi umum (DAU) Pemkot hanya Rp600 miliar lebih. "Makanya saya bilang tidak rasional,” kata Hasyim yang ditemui di halaman DPRD Kota Ternate, Senin (12/4/2021).

Soal 974 PTT yang diberhentikan, lanjutnya, telah dilihat dari semua aspek, baik aspek hukum maupun anggaran. DPRD kata Hasyim, juga meminta solusi darinya. “Saya tawarkan tadi, kita berhentikan 974 kita rekrut lagi dengan pola autsosing, tapi melakukan analisis beban kerja sesuai dengan kebutuhan,”papar jebolan STPDN Jatinangor tersebut.

Untuk menyisir PTT 'siluman', Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov Malut itu mengaku tak lagi meminta data dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), namun melalui tim yang dibentuknya untuk turun langsung ke lapangan.

"Apakah benar ada PTT tersebut, dan juga laporan yang sudah pindah namun tetap ambil gaji fiktif, jadi mulai besok tim segera melakukan penyisiran,"tandas Hasyim. (mg-07)


_

Peliput : Faisal Sidiq

Editor   : Ikram Salim