Maluku Utara Waspada Bencana, Dampak Bibit Siklon 94W di Pasifik

Bibit siklon 94W terlihat di sekitar Pasifik Barat Utara Papua.(Sumber: BMKG)

Ternate, malutpost.id -- Sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi mengalami cuaca ekstrem. 

Berdasarkan pantauan Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kelas I Stasiun Baabullah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Selasa (13/4/2021) bakal terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir terjadi hingga beberapa pekan kedepan.  

Menurutnya BMKG cuaca ekstrem itu terjadi akibat terbentuknya bibit siklon tropis (94W) di sekitar Pasifik sebelah Utara Papua, (6.6 derajat LU dan 140.6 derajat BT)."Kondisi cuaca tersebut dari tanggal 13 hingga 21 April 2021,"jelas Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Setiawan kepada malutpost.id, Selasa (13/4/2021).

Kata Setiawan, wilayah yang terdampak curah hujan sedang hingga lebat meliputi Kota Ternate, Tidore, Halmahera Barat, dan Halmahera Timur. Tinggi gelombang laut diprediksi mencapai 1,25 hingga 2,5 meter.

Tinggi gelombang ekstrem diperkirakan terjadi di Morotai, Samudera Pasifik Utara, Halmahera Utara, Samudera Pasifik Utara, dan Halmahera Selatan dengan ketinggian mencapai 2,5 hingga 5 meter."Perlu diwaspadai dampak yang ditimbulkan yakni banjir bandang, pohon tumbang dan tinggi gelombang,"tutupnya. Dampak lain dari cuaca ekstrem tersebut seperti penerbangan terganggu, banjir bandang, pohon tumbang dan gelombang tinggi.(tr-03)


_

Peliput : Muhatir Badaruddin

Editor   : Ikram Salim