Sekarang Urus SIM Cukup lewat Ponsel, Begini Penjelasan Polda Malut

Kombeso Pol B. Twedy Aditya. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Kabar gembira bagi warga Maluku Utara terutama pengguna kendaraan. Untuk memperpanjang surat ijin mengemudi (SIM) sekarang bisa dari rumah. Masyarakat bisa mengunduh aplikasi khusus melalui ponsel sehingga tidak perlu datang ke kantor polisi. 

"Nanti bisa diunduh aplikasi namanya SIM Nasional Presisi (Sinar),"kata Direktur Lalu Lintas Polda Maluku Utara (Malut) Kombes Pol B. Twedy Aditya Benniyahdi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (13/4/2021).

Menurutnya, pemberlakuan SIM Online Sinar mulai diluncurkan oleh Mabes Polri pada Selasa (13/4/2021) kemarin. 

Twedy Aditya mengatakan, ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh masyarakat yang ingin memperpanjang SIM-nya yang telah jatuh tempo dengan melalukan pendaftaran secara daring untuk perpanjang SIM A maupun SIM C. Lanjutnya, polisi juga berkerjasama dengan Kantor Pos untuk mengantar SIM  pemohon yang telah terbit. 

"Dari rangkaian mulai pendaftaran sampai dengan terbit SIM, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor polisi, nantinya akan melakukan delievery SIM itu kepada alamat pemohon sim,"jelasnya.  

Dia bilang, dalam aplikasi juga terdapat vitur pendaftaran dan persyaratan yang akan dilengkapi oleh pemohon. Seperti meng-upload KTP, SIM lama dan dilanjutkan dengan memilih menu ujian teori

"Selanjutnya, memilih menu untuk pemeriksaan kesehatan di dokter yang sudah ditunjuk dan lain sebagainya, bimbingan serta urutanya bagaimana, nanti sudah ada dalam penjelasan aplikasi tersebut,"tandas perwira tiga melatih itu.(mg-06)


_

Peliput : Muhlis

Editor   : Ikram Salim