BMKG Sebut Akun Status Ternate Sebar Berita Hoax

Informasi yang disebar oleh akun Status Ternate, Ahad (18/4/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut informasi yang ditulis akun Status Ternate tentang badai tropis Surigae yang melintas di Ternate adalah hoax. 

Hal itu disampaikan oleh BMKG melalui akun facebook resmi @BMKG Maluku Utara, Ahad (18/4/2021). Dalam rilisnya, BMKG juga mengupload tangkapan layar isi berita dari akun Status Ternate. 

"Informasi seperti di gambar postingan ini sempat beredar kemarin di salah satu akun, namun telah ditarik kembali oleh admin yang bersangkutan,"tulis BMKG.

"Pesan mimin kepada seluruh netizen agar menelaah terlebih dahulu informasi yang beredar, tidak mudah percaya akan informasi yang belum jelas sumbernya,". 

Berikut klarifikasi BMKG:

1. BMKG pusat dan BMKG Maluku Utara TIDAK PERNAH menyebutkan bahwa siklon tropis Surigae akan melintas di wilayah Maluku Utara.

2. Bibit siklon sudah berubah menjadi siklon tropis Surigae sejak 14 April 2021.

3. Siklon tropis Surigae tidak akan melintas ke wilayah Maluku Utara, bergerak ke arah barat laut menjauhi wilayah Indonesia.

4. Siklon tropis Surigae menyebabkan DAMPAK TIDAK LANGSUNG terhadap wilayah Maluku Utara seperti angin kencang, hujan sedang hingga lebat disertai petir, akan tetapi bukan DAMPAK LANGSUNG seperti dalam postingan yang meyebutkan bahwa akan melintas.

Sementara itu, informasi tersebut membuat netizen ramai-ramai menyerang akun Status Ternate. "Akun ini (Status Ternate, red) jaga biqing (buat) informasi barbar deng (dan) hoax... Ulang2 biqing permintaan maaf,"tulis akun Jamila Srikandi. 

Sebelumnya, akun Status Ternate menyebarkan informasi melalui media sosial, pada Sabtu (17/4/2021), dengan menyebut, siklon tropis berubah menjadi badai tropis Surigae dan diperkirakan melintas ke wilayah Maluku Utara khususnya Ternate, pada pukul 21.00 WIT. Potensi dampak yang akan terjadi yakni hujan disertai petir dan angin kencang. Potensi merusak karena kekutan badai 185 km/jam. (ikh)


-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram