Gubernur Maluku Utara Menangis saat Pimpin Doa untuk 53 Awak Kapal KRI Nanggala-402

Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba dalam acara pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate di Sofifi, Senin (26/4/2021). (Foto: Ikram/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba tak kuasa menahan air mata saat memimpin doa untuk 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 diakhir acara pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman dan Jasri Usman di Aula Nuku Kantor Gubernur Maluku Utara, Senin (26/4/2021).

Gubernur saat itu tiba-tiba berdiri dari tempat duduknya dan mengambil mic lalu mengajak undangan yang hadir dalam pelantikan untuk membaca basmalah dan mengirim doa untuk 53 awak kapal KRI Nanggala-402 yang telah dinyatakan gugur dalam bertugas. 

"Mari kita semua mengirim doa untuk awak kapal yang gugur, Alfatihah,"kata Gubernur dengan suara gemetar sembari membaca Alfatihah hingga selesai. 

Saat ini, upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 telah mencapai titik akhir. Hal itu ditandai dengan ditemukannya bagian kapal yang terbelah tiga di kedalaman 838 meter dari permukaan laut dan semua awak dinyatakan gugur dalam bertugas. 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono lewat konferensi pers secara virtual, Minggu (25/4/2021), mengumumkan bahwa semua awak KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 orang dipastikan gugur.

Sebelumnya, KRI Nanggala-402 diketahui hilang kontak di perairan utara Pulau Bali saat menggelar latihan TNI di wilayah Pulau Bali. (ikh)


_

Peliput : Tim

Editor   : Ikram Salim