Polda Tegaskan, Kasus DD Taliabu Tetap Diproses

Kompol Naim Ishak. (istimewa)

Ternate,malutpost.id -- Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara angkat bicara terkait penanganan kasus dugaan korupsi pemotongan dana desa (DD) di Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2017. Polda menegaskan, kasus yang telah menyeret Kabid Perbendaharaan dan Kas Daerah Pulau Taliabu berinisial ATK sebagai tersangka itu masih terus diproses.

Kasubdit Tipikor, Ditreskrimsus Polda Malut, Kompol Naim Ishak mengaku, penyidikan kasus tersebut mengalami perkembangan yang signifikan. Beberapa waktu lalu, tim penyidik melakukan pemeriksaan saksi di Kabupaten Pulau Taliabu. Bahkan, dalam petunjuk jaksa peneliti yang termuat dalam P19 itu meminta harus ada penghitungan kerugian negara.

Sehingga saat ini, tim penyidik masih menunggu hasil perhitungan kerugian negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). “Kami masih menunggu hasil perhitungan kerugian negara. Karena sementara BPKP masih hitung,” ungkap Kompol Naim Ishak, Senin (26/4/2021).

Mantan Wakapolres Halsel itu mengemukakan, selama penyelidikan hingga penyidikan, penyidik telah memeriksa 86 orang saksi terkait. Di sentil terkait dugaan tersangka yang kini sudah tinggal di Jakarta, Naim mengaku belum mengetahui hal tersebut. "Kalau itu kami kurang tahu, tapi orangnya waktu saya sama BPKP ke Taliabu barusan, orangnya ada kok dan sempat dimintai keterangan sama BPKP,” tandasnya. (aby)


_

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram Salim