Sengketa Lagi, JOS Resmi Gugat Hasil PSU Pilkada Halut ke MK

Mahkamah Konstitusi. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia kembali menerima gugatan dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara Joel B. Wogono dan Said Bajak. Pasangan berakronim JOS itu kembali mengajukan gugatan ke MK setelah kalah dari rivalnya Frans Manery - Muhlis Tapi Tapi pada pemungutan suara ulang (PSU) Kamis, 29 April lalu. 

Permohonan pasangan yang diusung partai PDIP dan PKB itu tercatat akta pengajuan permohonan Pemohon dengan Nomor 147PAN.MKIAP3/05/2021 tertanggal 4 Mei tahun 2021. "Iya, hari ini pukul 13.50 WIB telah diajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan (PHP) oleh Paslon Joel B. Wogono dan Said Bajak,"ungkap Ketua DPC PKB Halut, Irfan Soekoenay, melalui handphone, Selasa (4/5/2021).

Menurut dia, berkas permohonan tersebut juga telah dicatat dalam buku pengajuan permohonan pemohon elektronik (e-BP3) dan kelengkapan permohonan Pemohon akan diperiksa sesuai Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Tata Beracara dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

"Kami yakin, dengan ijin Allah Swt seribu persen MK batalkan hasil penetapan KPU atas hasil PSU,"pungkasnya.(rey)