Diduga Percikan Lilin, Satu Rumah di Kampung Makassar Ternate Terbakar

Warga berusaha memadamkan kobakaran api saat terjadi kebakaran di Kelurahan Kampung Makassar, Ternate, Sabtu (8/5/2021). (Foto: Atir/ma)

Ternate, malutpost.id -- Satu rumah warga di Kelurahan Kampung Makassar Timur, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate ludes dilalap si jago merah, Sabtu (8/5/2021). Seluruh isi rumah yang berada di RT01 RW01 itu ludes terbakar.

Warga yang berkedekatan dengan rumah korban ikut mengemas barang penting.  Peristiwa yang terjadi pada pukul 00.01 WIT itu, diduga akibat percikan lilin yang merambat hingga ke seluruh ruangan rumah. 

Bhabinkamtibmas Kampus Makassar Timur Brigpol Ibrahim dan Babinsa Sertu Anto menyebutkan, pemicu kebakaran diduga berasal dari percikan lilin. Pasalnya, rumah tersebut tidak dialiri jaringan listrik. "Dari penelusuran yang saya temui kalau api berasal dari sebuah lilin, karena rumah yang ditempati dalam kondisi tanpa teraliri listrik,"ujar keduanya kepada malutpost.id, Sabtu (8/5/2021) dini hari tadi.

Hal ini diperkuat dengan keterangan warga. Kamil, warga sekitar mengungkapkan, rumah milik Almarhum H. Muhammad Daud itu ditempati oleh anaknya Gunawan (40 tahun). Oleh warga, Gunawan diketahui menderita keterbelakangan mental. Dia bilang, sebelum terbakar rumah tersebut dalam keadaan gelap.

"Lampu di rumah ini sudah lama tidak menyala dan dalam kondisi gelap, dan sementara ditinggali oleh Gunawan(Guntur), cuma kita tidak tahu  apakah Guntur berada di rumah atau tidak saat kebakaran,"ungkapnya.

Api baru bisa dipadamkan setelah pemadam mengerahkan 5 armada ke lokasi. Kondisi jalan yang sempit membuat petugas sempat kesulitan mengakses masuk. "Api berhasil dikuasai sekitar 30 menit,"kata Kabid OPS Damkar Kota Ternate, Naim Safar. Kawasan padat penduduk tersebut menjadi langganan kebakaran sejak beberapa tahun terakhir ini, pada 2018 sebanyak 45 rumah ludes dilalap api. (tr-03/mg-06/mg-01)


_

Peliput : Tim

Editor   : Ikram Salim