Hilal di Ternate Minus 5 Derajat, Besok Masih Puasa

Tim BMKG saat melakukan persiapan pemantauan hilal di gedung Obervasi Kelurahan Afe-Taduma, Selasa (11/5/2021). (Foto: Faisal/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id --  Kantor Kementrian Agama bersama Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) Kota Ternate melakukan pemantauan hilal di gedung Observasi BMKG, Kelurahan Afe-Taduma, Kecamatan Pulau Ternate, Selasa (11/5/2021) petang.

Hasilnya, hilal 1 penetuan Syawal 1442 Hijriah belum terlihat, itu artinya Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah baru ditentukan besok. Berbeda dengan sebelumnya, rukyat kali ini juga dihadiri Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman. 

Kepala BMKG Kelas III, Andri Wijaya Bidang menuturkan, berdasarkan data hitungan yang dilakukan hilal pada 12 Mei 2021 memiliki tinggi minus 5 derajat . “Belum terlihat hilal masih pada posisi minus 5 derajat, besok dari BMKG kemungkinan akan memantau juga,”ucapnya.

Senada, Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman mengatakan, Tim Hisab Rukyat Kota Ternate telah melakukan pengamatan hingga pukul 18.31 WIT dan hilal belum terlihat. "Tadi memang ada juga terhalang oleh awan tebal, tetapi secara penglihatan kita tidak terlihat, dan hasilnya ini kita akan sampaikan ke Kemenag RI untuk diputuskan,”tandas Tauhid dalam konferensi pers dilantai 1 gedung Observasi BMKG. (mg-07)


_

Peliput : Faisal Sidiq

Editor   : Ikram Salim