Malam Nanti Pawai Keliling di Malut Ditiadakan, Ada Sanksi bagi Pelanggar

Petugas operasi Ketupat Kie Raha 2021 berjaga di pos pengamana, Selasa (11/5/2021). (Foto: Ramlan/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Pemerintah melarang pawai takbir keliling pada malam perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Polda Maluku Utara menyiapkan strategi mendukung kebijakan tersebut. 

Kegiatan pawai takbir keliling di wilayah Maluku Utara (Malut), kali ini tidak dilakukan. Ini karena, dilarang polda setempat. 

"Berdasarkan surat edaran Menteri Agama RI, pawai takbir keliling di Maluku Utara ditiadakan atau dilarang, karena dapat menimbulkan kerumunan di masa pandemi Covid-19,"ucap Kapolda Malut Irjen Pol. Risyapudin Nursin, melalui Kabid Humas Kombes Pol. Adip Rojikan, Selasa (11/5/2021).

Larangan takbir keliling tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor : SE.07.Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Sholat Idul Fitri 1442 di saat Pandemi Covid-19.

Untuk menghindari kerumunan, warga dipersilahkan melakukan takbiran di masjid atau musala lingkungan masing-masing dengan kapasitas terbatas.

"Maksimal 10 persen dari kapasitas dan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19,"katanya.

Pihaknya bersama stakeholder terkait sudah melakukan himbauan-himbauan untuk tidak melakukan pawai takbir keliling. Warga yang kedapatan langsung ditindak sesuai aturan.

"Mari kita sambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah dengan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan perbanyak ibadah,"harapnya.(rey/mg-06)


_

Peliput : Ramlan/Muhlis

Editor   : Ikram Salim