Potret Kerukunan di Ternate, Pemuda Gereja Bagi Masker saat Salat Idulfitri 1442 H

Pemuda geraja saat membagikan masker untuk jamaah Salat Idul Fitri di Gelora Kieraha, Kamis (13/5/2021). (Foto: Ramlan/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Sejak pukul 06.00 WIT, umat muslim mulai memadati masjid-masjid di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara untuk melaksanakan salat Idulfitri 1442 Hijriah. Tak terkecuali lapangan Gelora Kieraha yang dijadikan lokasi salat oleh Pemerintah Kota Ternate, Kamis (13/5/2021). 

Ada pandangan yang berbeda saat Salat Id di Gelora Kieraha Ternate. Potret toleransi dan kerukunan tergambar. Saat seluruh umat muslim menunaikan salat, pemuda nasrani dari Angkatan Muda Gereja Protestan Protestan Maluku Daerah Ternate ikut terlibat menjaga keamanan selama salat berlangsung. 

Amatan malutpost.id, sejak pukul 07.00 WIT, puluhan perempuan dan laki-laki berdiri tepat di pintu masuk stadion dan membagikan masker bagi semua jamaah yang ikut salat bersama Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman. 

Selain masker, mereka juga berinisiatif membagikan koran bekas kepada jamaah yang tidak memiliki sajadah. 


Sekretaris Klasis GPM Ternate, Pdt. Donny Toisuta, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan inisiatif pihaknya dan  kesediaan pihak panitia pelaksana Salat Id.

"Ini yang pertama kali kita lakukan di Kota Ternate. Kita bagikan masker, juga koran bekas untuk dipakai alas saat salat,"ucap Donny.

Menurutnya, potret toleransi antar umat beragama di Kota Ternate begitu terasa di hari besar, saat Hari Natal, puluhan umat muslim ikut menjaga gereja. 

"Makanya, kita inisiatif untuk ikut terlibat juga di Hari Raya Idul Fitri ini,"katanya. Usai salat, mereka juga membersihkan sisa koran bekas di atas lapangan. (rey)


_

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram Salim