Pemkab Halmahera Barat segera Bangun Rumah yang Dibakar Massa

Rumah yang terbakar dipasang garis polisi usai peristiwa bentrok antarpemuda di Halbar, Sabtu (14/5/2021). (Foto: Faisal/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara berjanji membangun rumah milik Risto A. Soamole, warga Desa Bobaneha yang dibakar massa pada, Jumat (14/5/2021) malam .

“Kita sudah bicara dengan korban pemilik rumah tadi, jadi pemda akan menganti kerusakan rumahnya, tadi juga saya dengan Pak Bupati James Uang mendata berapa kerusakannya,”kata Wakil Bupati Halbar, Jufri Muhammad kepada malutpost.id, Jumat (14/5/2021).

Jefri juga mendesak kepolisian mengusut tuntas otak dan pelaku dibalik peristiwa bentrok antarpemuda tersebut. "Pihak pihak yang terkait dengan peristiwa ini, nanti diusut oleh aparat kepolisian,”tegasnya.

Selain itu, lanjut Jufri, pemerintah segera membangun pos keamanan di perbatasan dua desa, untuk mencegah konflik berlanjut. “Kebutulan tadi ada Pak Dandim dan juga Wakapolres, kita sudah bahas, sehingga secepatnya akan dibangun pos sini,”janjinya.

Mantan anggota DPRD Halbar tiga periode itu menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. “Apabila terjadi tawuran atau kenakalan remaja jangan sampai berimbas luas seperti ini, ini kan yang pusing kita,”tandasnya. Sementara aparat keamanan dari TNI/Polri tetap disiagakan di dua desa sejak malam hingga pagi tadi. (mg-07)


_

Peliput : Faisal Sidiq

Editor   : Ikram Salim