Arus Balik Lebaran 2021, Bandara Baabullah Ternate Disesaki Penumpang

Ratusan penumpang mengantri saat check in di Bandara Baabullah Ternate, Selasa (17/5/2021). (Foto: Taslim/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Pasca larangan mudik 2021 dan libur lebaran, jalur penerbangan beroperasi mulai, Selasa (17/5/2021) hari ini. Lonjakan penumpang terjadi di Bandara Baabullah Ternate, Provinsi Maluku Utara. Ribuan penumpang arus balik memadati ruang tunggu penerbangan dan check in penumpang.

Amatan malutpsot.id, Selasa (18/5/2021) sejak pukul 10.30 WIT, terlihat ribuan calon penumpang dengan tujuan Ternate - Makasar, Ternate - Manado dan Ternate -Jakarta berdesak-desakan saat melakukan check in.

Kepala Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Baabullah Ternate, Samsudin Soleman kepada malutpost.id menuturkan, lonjakan penumpang yang terjadi saat ini tidak sebanding dengan arus balik di tahun sebelum covid-19. "Kepadatan ini terjadi karena pesawat Garuda di cancel sehinga penumpukan semakin banyak, "jelas Samsudin.

Untuk itu, lanjut Samsudin, pihaknya mengambil langkah mengalihkan penumpang dari maskapai Garuda dengan rute Ternate - Jakarta dialihkan ke maskapai lain sesuai dengan tujuan penumpang. "Kalau penumpang mau ikut penerbangan besok, bisa dengan pesawat yang berbeda, "katanya.

Dia menjelaskan, seluruh penumpang yang telah naik di pesawat Garuda terpaksa diturunkan karena terjadi masalah teknis. "Penumpukan calon penumpang di bandara, semakin padat, karena penumpang yang sudah naik dalam pesawat Garuda diminta turun kembali, "pungkasnya. (mg-08)


_

Peliput : Taslim T. Laher

Editor   : Ikram Salim