Bandara dan Pelabuhan Ternate Wajibkan Tes GeNose C19 bagi Pelaku Perjalanan

Calon penumpang mengembuskan napas ke dalam wadah khusus saat mengikuti pemeriksaan dengan GeNose. (Dery Ridwansah/Jawa Pos)

Ternate malutpost.id -- Pelaku perjalanan transportasi udara dan laut di Provinsi Maluku Utara diwajibkan tes Covid-19 menggunakan alat deteksi  covid atau GeNose C19. Alat tes khusus yang dilakukan dengan cara menghembuskan nafas ke dalam wadah plastik tersebut telah disiapkan di Bandara Sultan Baabullah Ternate dan Pelabuhan Ahmad Yani.

Kepala Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan Kelas III Ternate, Aulianto saat ditemui malutpost.id menuturkan, Maluku Utara telah memiliki dua alat tes GeNose C19 yang dioperasikan di Bandara Sultan Babullah Ternate dan Pelabuhan Ahmad Yani. Pengelolaan alat tersebut, kata Aulianto diserahkan pada pihak ketiga.

"Yang kelolah itu Klinik Asa sebagai pihak ketiga untuk mengatasi tes GeNose C19, "kata Aulianto, Kamis (20/5/2021). 

Selain rapit tes antigen dan antibodi, lanjutnya, tes GeNose C19 juga bisa menjadi alternatif untuk mendeteksi covid-19 sebagai syarat bagi pelaku perjalanan. "Untuk diterapkan alat ini harus ada izin dari pihak terkait yakni pelabuhan, bandara dan Dinas Kesehatan Kota Ternate, "ucapnya sembari mengaku sebelum pemeriksaan GeNose C19 dilakukan, penumpang dilarang merokok. "Karena akan berpengaruh terhadap hasilnya, "pungkas Aulianto. (mg-08)


_

Peliput : Taslim T. Laher

Editor   : Ikram Salim