Pelabuhan Ahmad Yani Ternate Berlakukan Tes GeNose, Ini Harganya

Ilustrasi. (istimewa

Ternate malutpost.id -- Skiring kesehatan untuk mendeteksi penyakit Covid-19  melalui embusan nafas atau GeNose C19 mulai diterapkan di Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate, Provinsi Maluku Utara, Jumat (21/5/2021).

General Manager PT Pelindo IV (Persero) Cabang Ternate, Heryanto menuturkan, pemeriksaa GeNose C19 mulai diberlakukan di pelabuhan Ahmad Yani Ternate. "Merupakan alternati kepada calon penumpang yang melakukan perjalanan dengan mengunakan kapal laut, "ungkapnya.

Sementara tes antigen tetap diberlakukan kepada calon penumpang dengan harga Rp140, sedangkan GeNose C19 lebih mempermuda kepada penumpang yang melakukan perjalanan dengan harga terjangkau Rp40 ribu dan disiapkan 2 ribu kantong.

Sementara, pengelola Klinik Asa Andika Suhid menjelaskan, pemeriksaan GenoSe bagi penumpang dilakukan 30 menit sebelum bertolak dari pelabuhan. Sementara, peserta tes juga tidak diperbolehkan makan hanya diperbolehkan minum air putih.

"Kalau makanan yang beraroma keras seperti durian, jengkol, atau merokok tidak diperbolehkan selama 30 menit, karena dapat mempengaru hasil tes apalagi minum minuman beralkohol,"katanya.

Di singgung soal surat keterngan pernah vaksin, menurutnya, surat tersebut tidak menjadi syarat tidak diberlakukannya pemeriksaan GeNose di pelabuhan.  "Kalau untuk pelaku perjalanan syaratnya adalah, swab PCR, antigen dan GeNose C19, "ujarnya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara, Affan Tabona mengatakan, alat tes GeNose C19 diterapkan di pelabuhan Ahmad Yani dan  pelabuhan Ferry Bastiong. "Kerena penumpang cukup padat di pelabuhan Bastiong tersebut, "pungkasnya. (mg-08)


_

Peliput : Taslim T. Laher

Editor   : Ikram Salim