Tulis Komentar Hina Nabi Muhammad, Pria di Halmahera Utara Ditangkap

Pria diduga pemilik akun Enda Greal Doya Tigele saat ditangkap anggota Polres Halut dan Morota, Senin (23/5/2021). (istimewa)  

Ternate, malutpost.id -- Anggota Polres Halmahera Barat bersama tim Intelkam Polres Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara bergerak cepat menangkap terduga pelaku penghinaan Nabi Muhammad SAW di media sosial Facebook. Pemilik akun Enda Greal Doya Tigele diketahui berinsial HD it ditangkap di Desa Kusuri, Kecamatan Tobelo Barat, Senin (24/5/2021) sekira pukul 11.30 WIT. 

Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol Adip Rojikan mengatakan, anggota Polres Halut dan Morotai telah mengamankan pelaku pemilik akun tersebut. Menurut Adib, komentar HD mengarah pada terganggunya situasi khamtibmas.

"Polres Halut dan Morotai berkoordinasi dan mengamankankan pukul 11.30 WIT tadi, ,"jelas Adip pada malutpost.id, Senin (24/5/2021).

Adip menjelaskan, saat ini yang bersangkutan telah dilakukan pemeriksaan di Polres Halut. Proses kasus tersebut juga didampingi oleh Ditreskrimsus Polda Malut untuk mengumpulkan fakta dan alat bukti terhadap pemilik akun yang berkonten negatif, untuk menyimpulkan apakah HD merupkan pemilik akun tersebut atau tidak.

"Ditreskrimsus akan menurunkan tim untuk menyelidiki dan melakukan pendalaman. Sehingga nantinya diharapkan melalui pendalaman akan ditemukan suatu fakta dan alat bukti pendukung yang menyatakan benar bahwa yang diamankan saat ini adalah pemilik akun sesungguhnya, akun yang berkonten negatif itu," ujarnya.

"Terkait dengan itu ketika nantinya terbukti, otomatis kepolisian punya kewenangan untuk melakukan penegakan hukum, jelas profesionalisme harus dijunjung tinggi, maka tindakan yang dilakukan adalah penyesuaian terhadap ketentuan perudang-undangan, baik untuk prosesnya maupun nantinya diajukan ke pengadilan,"tegasnya.

Adip menilai, unggahan tersebut sangat sensitif, untuk itu, dia menghimbau kepada masyarakat agar tidak terpancing dengan komentar dan menyerahkan sepenuhnya ke polisi. "Terlepas dari itu, soal konten yang sensitif karena itu Polda Malut menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menahan diri percayakan kepada kami pihak kepolisian untuk melakukan tindakan hukum selanjutnya,"tandas Adib. (mg-06)


_

Peliput : Muhlis Idrus

Editor   : Ikram Salim