Bawa Ratusan Penumpang, KM Karya Indah Tujuan Sanana, Kepulauan Sula Terbakar

KM Karya Indah terbakar saat berada di perairan Kepulauan Sula, Sabtu (29/5/2021). (istimewa)

Sanana, malutpost.id -- Kapal penumpang KM Karya Indah tujuan Ternate -Sanana, Kepualaun Sula, Provinsi Maluku Utara terbakar di perairan Pulau Mangoli, Kepsul, Sabtu sekira pukul 07. 03 WIT pagi tadi.

Berdasarkan informasi yang diterima malutpost.id, kapal tersebut membawa 181 penumpang saat bertolak dari pelabuhan Ahmad Yani Ternate.  Lokasi terbakarnya kapal tak jauh dari Desa Waisum dan Waisakai, Kecamatan Mangoli Utara Timur atau sekitar 1 jam dari Pelabuhan Sanana. Berdasarkan foto yang diterima wartawan, sebagian besar badan kapal telah terbakar. 

Kepala Desa Wai Sum Jukir Idrus mengatakan, dirinya menerima laporan kejadian dari nelayan bahwa sekitar pukul 07.03 pagi kapal tersebut terbakar di dekat Lif Matola. 

"Ada nelayan yang menyampaikan kepada saya bahwa ada kapal penumpang yang terbakar dorang butuh bantuan. Dan kapal tersebut terbakar di perairan Lif Matola. Daerah itu antara pertengahan ujung Selatan dan ujung Timur Desa Wai Sum," kata Jukir saat dihubungi wartawan, Sabtu (29/5/2021).

Dirinya langsung melaporkan peristuwa tersebut ke Polairud Polres Kabupaten Sula. "Jadi, dari informasi warga saya tersebut saya langsung menyampaikan ke Polair,"ujarnya.

Terpisah, Kasat Pol Air Polres Kepsul IPDA Sofyan Elang saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan, kapal tersebut terbakar tepat di perairan Pulau Mangoli, tepatnya di Lif Matola. "Ia benar kapal KM Karya Indah kita sementara menuju ke TKP dan untuk laporan lebih lanjut nanti kita info,"ungkap Kasat Pol Air Polres Kepsul.

Belum diketahui penyebab kebakaran dan nasib 181 penumpang kap karena petugas masih melakukan evakuasi. (ikh)



_

Peliput : Tim

Editor   : Ikram Salim