KM Karya Indah Tujuan Sanana Terbakar, Seluruh Penumpang Dikabarkan Selamat

Tangkapan layar rekaman video penumpang kapal KM Karya Indah berusaha menyelamatkan diri menggunakan pelampung seadanya, Sabtu (29/5/2021). (istimewa)

Sanana, malutpost.id -- Seluruh penumpang kapal KM Karya Indah dikabarkan selamat dalam peristiwa kebakaran kapal di perairan Pulau Mangoli, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (29/5/2021). 

Data manifes penumpang yang diperoleh malutpost.id terdapat 135 penumpang yang terdaftar, namun jumlah tersebut bisa bertambah atau pun berkurang. Pasalnya, Tim SAR masih mendata seluruh penumpang yang ikut dalam pelayanan tersebut. 

Penumpang selamat telah dievakuasi ke Desa Waisum, Kecamatan Mangoli Utara Timur atau sekira 40 menit dari lokasi kejadian. 

Ayah, salah satu penumpang mengatakan, saat peristiwa terjadi dia bersama anaknya langsung meloncat dari kapal menggunakan pelampung. Sebelum api membesar dan merambat ke seluruh bagian badan kapal, seluruh penumpang telah mengenakan life jacket dan meloncat ke dalam air. 

"Kita diselamatkan oleh nelayan ke Waisum,"kata Ayah, Sabtu (29/5/2021). 

Sementara dari video yang beredar, sumber api diduga berasal dari mesin kapal atau dek satu tepatnya di bagian buritan. Pasalnya, semua penumpang naik ke dek 4 saat bagian belakang saat api membesar di bagian belakang kapal. 

Beberapa penumpang masih sempat merekam video detik-detik kebakaran kapal dari dalam air. 

Kepala Basarnas Kota Ternate, Muhamad Arafah mengatakan, setelah menerima informasi. Tim rescue Unit Siaga SAR Sanana langsung menuju lokasi kejadian  pukul 08.50 WIT untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan menggunakan RIB 01. "Estimasi waktu tiba di LKP pukul 10.23 WIT. Tim rescue juga gunakan peralatan Medis, Peralatan Evakuasi, APD Covid-19,"jelas Araffah. (gun/rey)



_

Peliput : Gunawan/Ramlan

Editor   : Ikram Salim