Dua Orang di Maluku Utara Dilaporkan Hilang di Laut

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kota Ternate saat melakukan pencarian terhadap korban hilang di laut, Senin (31/5/2021). (Dok. Basarnas)

Ternate, malutpost.id -- Jumlah warga Maluku Utara yang hilang di laut menjadi dua orang. Sebelumnya, satu penumpang KM Karya Indah atas nama Dedi Hidayat dilaporkan hilang saat insiden kebakaran kapal di perairan Lifmatola, Kabupaten Kepulauan Sula, Sabtu (29/5/2021).

Kali ini, Basarnas Kota Ternate menerima laporan seorang nelayan asal Tidore Kepulauan, Usman Abas (33 tahun) dikabarkan hilang sejak Ahad, (30/5/2021) saat melaut.   "Kita sudah turunkan tim rescue dibantu keluarga korban untuk melakukan pencarian (nelayan),"kata Kepala Basarnas Kota Ternate Muhammad Arafah, Senin (31/5/2021).

Untuk korban KM Karya Indah, kata Arafah, pencarian hari ke tiga difokuskan di sekitar lokasi kejadian dan pesisir pulau terdekat seperti Pulau Limatofa dan Pulau Waisau. Petugas juga sudah berkoordinasi dengan nelayan maupun kapal yang melintas di perairan tersebut untuk bisa memberikan informasi jika melihat atau menemukan korban. "Kami berharap, kerja keras tim SAR gabungan, dihari ketiga ini korban bisa ditemukan,"katanya.

Di lain sisi, lanjut Arafah, jumlah korban yang berhasil diselamatkan dalam kebakaran KM Karya Indah bertambah. Catatan resmi pelayaran, terdapat 181 penumpang namun saat pendataan bertambah menjadi 175 dan data terakhir menjadi 283 orang. "Kami sampaikan update data sementara korban hari kedua tim SAR gabungan dalam hasil rapat bersama 13 instansi di KUPP Sanana, korban 283 orang, selamat 282 dan 1 masih dinyatakan hilang,"terangnya. (rey)


_

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram Salim