Kasasi JPU Ditolak, Hendrik dan Susana Bebas dari Tuduhan Pembunuhan

Fahrudin Maloko. (Foto: Ikh/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Susana The dan Hendrik Gorda resmi dibebaskan dari tuduhan pembunuhan terhadap bos toko Citra Indah Furniture, Titi Gorda pada 2014 silam. Pasalnya, Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Ternate.   

Penolakan kasasi ini tertuang dalam amar putusan Mahkamah Agung (MA) RI Nomor 843/K/PID/2020 tanggal 9 September 2020. Menindaklanjuti itu, Pengadilan Negeri Ternate telah menyampaikan Relaas Pemberitahuan Putusan Kasasi Nomor 291/PId.B/2019/PN Tte tertanggal Jumat 28 Mei 2021 kepada kedua terdakwa.

"Putusan MA ini mempertegas bahwa klien kami tidak bersalah dan telah mempunyai kekuatan hukum yang mengikat,"kata Fahruddin Maloko, kuasa hukum Hendrik dan Susana, kepada malutpost.id,  Senin (31/5/2021).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya segera mengambil handphone milik kliennya termasuk milik korban yang tidak lain suami dan ayah dari kedua Hendrik dan Susana. Selain itu, kata Fahrudin, tim pengacara juga akan memulihkan nama baik klien karena sempat ditahan 6 bulan dengan status terdakwa. "Karena disita untuk dijadikan bukti dipersidangan. Berdasarkan putusan pengadilan barang bukti tersebut berupa HP dikembalikan kepada pemiliknya dalam hal ini kilen kami,"jelasnya.

Kasus pembunuhan sadis yang terjadi di rumah tokoh Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah itu menyeret 3 orang sebagai tersangka yakni Larupi Lamona Ladansa alias Adit sebagai eksekutor dan Hendrik Gorda serta Susana The yang didakwa sebagai otak pembunuhan.

Adit dihukum 20 tahun penjara pada Januari 2015 lalu oleh Pengadilan Negeri Ternate karena terbukti membunuh Titi Gorda dengan cara sadis. Sementara Hendrik dan Susana didakwa dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dan ditutut penjara seumur hidup oleh JPU Kejari Ternate, namun divonis bebas oleh PN Ternate. Meski begitu, ibu dan anak itu sempat ditahan 6 bulan selama menjalani persidangan. (ikh)   


_

Peliput : Tim

Editor   : Ikram Salim