Bidan RS di Ternate Temukan Jenazah Janin Diduga Hasil Aborsi

Jenazah bayi berusia 4 bulan disimpan dalam kantong kresek ditemukan dalam kamar kos, di Kelurahan Akehuda, Ternate, Senin (31/5/2021). (Foto: Faisal/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Jenazah janin bayi diduga hasil aborsi ditemukan di dalam kamar salah satu kamar kos Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Senin (31/5/2021).  Janin bayi berusia 4 bulan itu ditemukan dalam kantong kresek diduga hasil hubungan gelap.   

Informasi yang diterima malutpos.id, kamar tersebut dihuni seorang mahasiswi berinisial AF (20 tahun). Janin tersebut pertama kali ditemukan oleh salah satu petugas Rumah Sakit Islam Ternate yang meminta warga mendobrak pintu kamar yang dihuni AF.

Ketua RT 04 Kelurahan Akehuda, Sadik Yusuf mengungkapkan, pertama kali menerima laporan dari seorang bidan di RS Islam Ternate. Kata Yusuf, saat itu AF dilarikan ke rumah sakit tersebut lantaran pendarahan oleh sorang pria berinisial ML, warga Halmahera Selatan yang diduga pacarnya.

Tahu pendarahan tersebut disebabkan aborsi, sang bidan langsung menanyakan keberadaan bayi yang diaborsi tersebut.  "Ada ibu bidan yang lapor ke saya makanya saya langsung ke lokasi dan melapor ke Polsek Ternate Utara,"kata Sadik kepada malutpost.id, Senin (31/5/2021). Dalam kamar, warga menemukan jenazah bayi kaleng sprite bekas minum.

Rani, salah satu penghuni kosan mengaku, AF sejak beberapa hari terakhir terlihat sering mengkonsumsi kuku bima dan extra jos. Selain itu, dia juga jarang keluar kamar. "Beberapa minggu ini dia kurang terlihat keluar kamar,"aku Rani.   

Tak lama, petugas Polsek Ternate Utara tiba di lokasi dan mengamankan lokasi kejadian. AF saat ini masih menjalani perawatan di RS, sementara ON telah melarikan diri. Kapolsek Ternate Utara IPTU Joni Aryanto mengatakan, pihaknya bersama tim identifikasi Polres Tenrate masih melakukan penyelidikan, beberapa anggota juga sedang melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku yang kabur.

"Kemungkinan dari Polres Ternate yang menangani lebih lanjut kasus ini, soalnya ini ranah mereka,"pungkasnya.  Petugas telah menyita barang bukti berupa pakaian dalam korban, dan kain yang dipakai membungkus janin. (mg-06/mg-07)


_

Peliput : Muhlis/Faisal

Editor   : Ikram Salim