Korban KM Karya Indah Belum Ditemukan, Pencarian Dihentikan

Tim SAR Gabungan melakukan konferensi pers di posko pencarian di Pelabuhan Sanana, Kepulauan Sula, Jumat (4/6/2021). (istimewa)

Sanana,malutpost -- Terhitung mulai, Jumat (4/6/2021) hari ini pencarian Dedi Hidayat (43 tahun), korban hilang KM Karya Indah yang terbakar di perairan Lifmatola, Kecamatan Mangoli Utara Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara pada, Sabtu 29 Mei 2021 dihentikan. Operasi ditutup setelah Tim SAR gabungan melakukan pencarian selama 7 hari terhitung sejak insiden kebakaran kapal terjadi.

Kepala Kantor Unit Pelayanan Penyelenggara Pelabuhan (KUPP ) Kelas III Sanana, I Gede Astawa menjelaskan, berdasarkan standar operasional prosedur (SOP) Badan SAR Nasional (Basarnas), pencarian korban hilang berlangsung selama tujuh hari. Jika hingga hari terakhir belum ditemukan, maka proses pencarian dihentikan.

"Dengan telah selesainya operasi pencarian dan pertolongan, maka kegiatan posko ini dinyatakan selesai,"kata I Gede Astawa melalui rilis yang diterima malutpost.id, Jumat (4/6/2021).

Menurut Gede, tim pencarian korban yang terdiri dari Basarnas, BPBD, TNI/Polri, telah berupaya dengan kemampuan yang dimiliki untuk melaksanakan pertolongan dan pencarian secara optimal, namun sampai dengan hari terakhir, korban yang merupakan warga Desa Fagudu itu belum juga ditemukan.

Meski demikian, Gede berharap kepada unsur posko yang masih mempunyai tugas pokok dan fungsi yang ada kaitanya dengan patroli di perairan, diaharapkan untuk tetap melakukan pengawasan bila mana kemungkinan ada tanda - tanda ditemukan korban, agar segera memberikan informasi terhadap unsur terkait yang berwenang.

"Kita juga akan menginstruksikan kepada nahkoda, kapal- kapal yang berlayar melintasi terjadinya musibah bila mana menemukan tanda-tanda atas keberadaan korban belum di temukan agar segera menghubungi stasion radio pante atau melapor ke instansi yang berwenang terdekat"harapnya.

Senada, Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah, melalui konferensi pers di kantor SAR Ternate, Jumat (4/6/2021) mengatakan, pihaknya harus menutup pencarian setelah 7 hari melakukan operasi. "Ini Setelah melakukan pencarian selama 7 hari, tim SAR gabungan belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban,"pungkasnya.

Sementara total korban kebakaran kapal KM Karya Indah, yang terdata di posko terpadu sebanyak 283 orang, termasuk awak kapal dan satu orang yang belum di temukan. (mg-01/rey)


_

Peliput : Hamdi/Ramlan

Editor   : Ikram Salim