Hari Pertama Berkantor, Bupati Fifian Copot Sejumlah Pejabat

Bupati Kepsul Fifian Adeningsi Mus memimpin apel pagi perdana di Kantor Bupati Kepsul, Senin (7/6/2021). (istimewa) 

Sanana, malutpost.id -- Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Fifian Adeningsih Mus memimpin apel perdananya sebagai kepala daerah di Kabupaten Kepulauan Sula, Senin (7/6/2021).

Di hari pertamanya, Fifian tidak hanya memberi signal mengganti kepala dinas. Adik kandung mantan Bupati Sula, Ahmad Hidayat Mus itu juga mencopot beberapa kepala dinas dan kepala bidang.  

"Ada beberapa OPD dan Kabag (kepala bidang, red) yang akan saya Plt-kan hari ini juga,"katanya Bupati tanpa menyebut nama pejabat yang dicopot tersebut. 

Kabarnya, pejabat yang dicopot ialah Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Imran Umalekhoa, Kabag Umum Zulkifli Umasangaji, dan Kabag Hukum Sarmin Sapsuha. 

Menurut Fifian, dirinya telah berkonsultasi secara lisan dengan Direkrut Jendral Otda Kementrian Dalama Negeri soal pergantian pejabat. Untuk itu, kata Fifian, pemerintah tinggal menyurat secara resmi dan meminta izin persetujuan. "Secara lisan Ditjen Otda sudah memberi izin. Jadi kerja baik-baik. Jangan main-main dengan saya,"akunya. 

Lebih lanjut Bupati perempuan pertama di Maluku Utara ini mengungkapkan bakal ada pergantian di hari-hari berikutnya. Kendati demikian, Fifian meminta ASN agar disiplin berkantor dan ikhtiar dalam bekerja."Saya dan Pak Wakil Bupati ini latar belakang birokrasi murni jadi kita tahu kerja-kerja ASN. Jadi harus masuk kantor tepat waktu dan bikin laporan yang sesuai, berikut-berikutnya nanti ada lagi pergantian,"ucapnya.

Fifian berujar, keputusannya tersebut untuk kepentingan roda pemerintahan yang lebih efektif. "Karena ini (pergantian) menyangkut dengan kepentingan daerah yang harus sama-sama kita jaga,"ujarnya. 

Di akhir sambutannya, Fifian menegaskan tidak bertanggung jawab atas program kerja 6 bulan di pemerintahan sebelumnya."Saya Pak Wakil hanya bertanggung jawab setelah kami dilantikan pada tanggal 4 Juni lalu. Yang sebelumnya kami tidak bertanggung jawab,"pungkasnya. (gun)



_

Peliput : Gunawan Tidore

Editor   : Ikram Salim