Bupati Kepulauan Sula Copot Sekda, yang Ganti Plt Kadis di Taliabu

Bupati Kepsul Fifian Adeningsi Mus. (Foto: Ikh/malutpost.id) 

Ternate, malutpost.id -- Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, Fifian Adeningsi Mus mencopot Syafruddin Sapsuha sebagai Sekretaris Daerah Kepsul. Syafruddin dicopot bersama puluhan kepala dinas dan kepala bagian lainnya, Selasa (8/6/2021).

Untuk penggantinya, mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pulau Taliabu itu menunjuk Muhlis Soamole sebagai pelaksana tugas. Muhlis diketahui merupakan Plt Kadisperindag Kabupaten Pulau Taliabu.

Bupati Fifian saat dikonfirmasi malutpost.id, Selasa (8/6/2021)  mengatakan, alasannya mencopot sejumlah pejabat karena alasan kenyaman. Untuk itu, pasca pergantian tersebut akan dibarengi dengan rapat perdana bersma pejabatnya yang baru.

"Saya hanya ingin nyaman dan tadi sudah selesaikan (pergantian), jadi besok akan rapat bersama perangkat OPD yang baru seperti camat, kabag di Kantor Bupati,"ujarnya.

meminta wartawan enggan memberi komentar jauh. Dia hanya meminta wartawan mengkonfirmasi langsung ke Muhlis Soamole. "Nanti tanya saja ke beliau (Muhlis Soamole),"kata Ningsi.

Sementara Sekretaris Daerah Syafruddin Sapsuha saat dikonfirmasi membenarkan pencopotannya. Syafruddin mengaku telah menerima SK Bupati  perihal tersebut. Ia dipindahkan dalam jabatan barunya sebagai staf di Bagian Umum Setda Kepsul. Menurutnya, pergantian posisi Sekda mestinya harus melalui mekanisme.

"Sekda itu diangkat  berdasarkan persetujuan menteri melalui gubernur, begitu juga diberhentikan harus pemberitahuan ke gubernur,"tandas Syafruddin. (mg-01)


_

Peliput : Hamdi Embisa

Editor   : Ikram Salim