Progres 100 Hari Kerja


TAUHID Soleman dan Jasri Usman

TERNATE - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, terus menggenjot upaya penanganan Covid-19. Penanganan Covid-19 sebagaimana yang diketahui, masuk dalam program 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dan Jasri Usman, sejak dilantik 26 April lalu. M Tauhid Soleman menjelaskan, upaya penanganan Covid yang dilakukan bersama dengan OPD terkait, progresnya saat ini terus berkembang.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate per tanggal 5 Mei 2021, menyebutkan Kota Ternate berada pada kategori risiko sedang. Pada awal Juni 2021, secara kumulatif, tercatat sebanyak 1.397 orang terpapar Covid-19. Dari jumlah tersebut, 1.344 diantaranya sembuh, sedangkan 30 meninggal dunia. Kemudian kontak erat sebanyak 701 orang, karantina mandiri 23 orang, dan isolasi di RS rujukan 0. Pada masa 100 hari kerja ini, upaya Pemkot dalam menangani Covid-19, adalah dengan menerapkan protokol kesehatan serta pemberian vaksinasi.

Total sasaran vaksinasi untuk Kota Ternate di tahun 2021 sebanyak 35.067 Jiwa. Saat ini terus dilakukan lewat jadwal program vaksinasi. Sementara data laporan penerimaan dan distribusi vaksin covid-19 menyebutkan, merek vaksin yang didistribusikan adalah sinovac single dose sebanyak 3.560 dosis, Bior Farma Multi Dose sebanyak 15.400 dosis, dan Vaksin MDV (Astra Zeneca) sebanyak 1.130 dosis. Sedangkan vaksin yang akan masuk adalah 140 Vial (1400 dosis) sinovac yang nantinya akan diperuntukkan bagi pelayanan publik. "Dalam 100 hari kerja ini, Pemkot akan tetap bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan," ucap Tauhid, kemarin (13/6).

Aksi program 100 hari kerja dari Dinkes Ternate menunjukkan adanya peningkatan dan penyadaran tentang pentingnya protokol kesehatan dan menjaga kebersihan. Data menunjukkan, di awal bulan Juni 2021, dari Dinkes didukung penguatan peran dari Satgas penanggulangan covid, target hingga realisasi mencapai 99 persen. Kemudian pelaksanaan vaksin bagi masyarakat dengan target dan realisasi sesuai ketersediaan vaksin sudah sampai pada angka 100 persen. "Walaupun belum secara signifikan, tetapi sudah menunjukkan ada progres yang baik.

Pemkot akan mematuhi segala bentuk kebijakan dari pemerintah pusat yang menginstruksikan untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan, serta pemberian vaksin sebagai wujud pencegahan covid-19," tutur Tauhid. Ia menegaskan, Pemkot juga akan tetap berupaya, agar covid-19 bisa dicegah. Dengan harapan, ada kesadaran dari masyarakat Kota Ternate, agar angka penderita semakin hari semakin menurun. "Kami akan terus bekerja dan bukan hanya sekadar janji, kami akan membuktikan dengan kinerja yang efektif serta tepat sasaran. Kami berharap masyarakat kota Ternate tetap berikhtiar dan selau menjaga protokol kesehatan. Jangan lalai, mari mendukung program pemerintah untuk penanganan covid 19," pintanya. (tr-01/yun/*)