Terhalang Kabut Tebal, 2 Speedboat Sofifi-Ternate 2 Jam Hilang Arah

Ilustrasi kabut tebal di perairan. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Cuaca buruk yang melanda Maluku Utara, Senin (14/6/2021), membuat wilayah perairan Malut tertutup kabut kebal. Hal itu membuat 2 speedboat tujuan Sofifi-Ternate tersesat dan hilang arah selama 2 jam di atas laut. Berdasarkan informasi yang diterima malutpost.id, ada dua speedboat yang nekat menyebrang Arjuna dengan 16 penumpang dan Maitara Indah.

Mereka bertolak dari Sofifi sekira pukul 14.25 WIT dan harusnya tiba di Ternate paling lambat pukul 15.30 WIT, namun karena kabut semakin tebal sementara jarak pandang juga terhalang sehingga motoris memutuskan untuk mematikan mesin karena takut kehabisan bahan bakar sebelum tiba di Ternate.  Mereka terombang-ambing di atas lautan kurang lebih 2 jam.

Selain itu, motoris juga tidak bisa menggunakan kompas dan GPS karena mengaku handphonenya jatuh. Sementara penumpang yang meminjamkan HP untuk menggunakan aplikasi GPS tidak bisa optimal karena terkendala signal. Sejumlah penumpang panik dan sebelum kehilangan signal, sempat menghubungi pihak leluarga termasuk Basarnas Ternate. 

Kondisi serupa juga menimpa speeboat Maitara Indah yang juga bertemua dengan speedboat Arjuna yang juga kehilangan arah akibat cuaca. 
Speed Arjuna akhirnya bisa melanjutkan perjalanan setelah mengejar Ferry City Line dan menanyakan arah Ternate.

Atas informasi ABK Ferry tujuan Sidangoli itu, motoris SB Arjuna akhirnya melanjutkan perjalanan ke Ternate dan tiba hampir pukul 17.00 WIT. Wartawan malutpost,id  mendapat informasi dari motoris lainnya mengaku, dua speedboat yang sempat terjebak kabut tersebut sudah tiba di Ternate dengan selamat. "Mereka sudah tiba, dan semua penumpang selamat,"kata Gani salah satu motoris di Pelabuhan Semut, Mangga Dua, Senin (14/6/2021). (mg-05)


_

Peliput : Irham Hi. A. Arahman

Editor   : Ikram Salim