Rekannya Tertangkap OTT Polda Malut, Motoris Ternate-Jailolo Mogok

Beberapa penumpang speedboat diminta turun, Jumat (18/6/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Aktivitas pelabuhan penyebrangan Ternate-Jailolo di Kelurahan Dufa-Dufa, Kecamatan Ternate Utara tiba-tiba lengang, Jumat (18/6/2021).

Semua motoris speedboat memilih mogok dan tak mau melayani penumpang. Sikap ini buntut operasi tangkap tangan (OTT) 2 motoris dan penjual tiket oleh Satgas Pungli Polda Maluku Utara, Kamis (17/6/2021) kemarin. Sejak pukul 08.00 WIT, salah satu pemilik speedboat meminta semua penumpang dalam speedboat untuk turun, karena pelayaran speed akan ditutup sementara. Mereka keberatan dengan penangkapan yang dilakukan oleh Polda Malut tersebut. 

"Kami meminta semua penumpang yang mau cepat bisa naik lewat Pelabuhan Sidangoli di Kelurahan Gamalama karena tidak ada pelayaran hari ini,"pinta salah satu motoris kepada penumpang yang menunggu di ruang tunggu pelabuhan.

Komendan Pos KPLP Pelabuhan Dufa-Dufa M Abdu Basir menyatakan, keributan yang terjadi di pelabuhan pagi tadi akibat protes yang dilakukan sejumlah motoris dan pemilik speedboat. 

“Mogok terus juga bikin keributan di terminal ruang tunggu pelabuhan Dufa-Dufa karena teman mereka tertangkap kemarin yang menjual tiket dari Rp60 ribu menjadi Rp100,”kata Abdu Basir, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (18/6/2021).  

Soal harga tiket speedboat, kata Abdu, pernah dipanggil oleh Komisi I DPRD terkait harga tiket yang dinaikan sepihak. Pihaknya, lanjut Abdu, berulang kali menyampaikan kepada motoris untuk tidak mematok tarif seenaknya diluar keputusan yang ditetapkan pemerintah.   "Kami di lapangan selalu meningkatkan pengawasan masalah tarif ini, kami arahkan bahwa jangan sekali-kali melakukan gerakan tambahan dari angka Rp60 ke Rp100, apabila ada yang melakukan hal itu berarti resiko di tangung sendiri dan berurusan dengan pihak yang berwajib,”katanya. 

Karena aksi tersebut, pihaknya mengarahkan calon penumpang untuk bisa naik kapal ke Jailolo atau melalui Pelabuhan Sidangoli. 

Di ketahui ada 4 orang diamankan dalam operasi tersebut. Mereka diketahui berinsial ARS dan SB selaku petugas penjual tiket speedboat tujuan Ternate-Jailolo dan SA motoris, serta RT anak buah speedboat.(mg-07)


_

Peliput : Faisal Sidiq

Editor   : Ikram Salim