Anggota DPR RI Dapil Maluku Utara Desak Polisi Seriusi Kejadian PT IWIP

Alien Mus. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Insiden ledakan di Smelter A milik PT Indonesia Weda bay Industrial Park (IWIP), pada Rabu16 Juni 2021 mengundang perhatian sejumlah pihak. Anggota Komisi IV DPR RI, Alien Mus turut menyoroti insiden yang mengakibatkan 20 orang korban tersebut. 

"Ini sungguh sangat menprihatinkan, perlu diinvestigasi kesalahan ini seperti apa kronologisnya, apakah kelalaian ataukah memang ada satu kegiatan yang tidak dijamin keselamatannya,"kata Alien kepada sejumlah awak media usai pertemuan bersama Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman, di halaman kantor wali kota, Kamis (17/6/2021).

Menurut Alien, peristiwa tersebut menguak kewajiban pemberi kerja untuk memberi perlindungan kepada karyawan yang mencakup kesejahteraan, keselamatan, dan kesehatan mental (K3). Sebab, kata Alien, insiden yang menimpa karyawan di PT IWIP sudah berulang kali. "Maka dari itu saya berharap bahwa perusahaan PT IWIP untuk mempertangung jawabkan apa yang telah terjadi,"tegasnya.

Ketua DPD Golkar Maluku Utara itu meminta, Polres Halmahera Tengah maupun Polda Maluku Utara serius untuk mengungkapkan peristiwa yang menyebabkan beberapa karyawan terbakar.  "20 orang yang tertimpa musibah itukan sangat banyak, kalau satu dua orang mungkin kelalaian, kalau sampai 20 orang maka harus di investigasi,"pungkasnya. (mg-07)


_

Peliput : Faisal Sidiq

Editor   : Ikram Salim