Mengenang Sosok Haji Bur, Mantan Wali Kota Ternate Dimata Sultan Tidore

Mendiang Hj Burhan Abdurahman (kiri) semasa hidup bersama Sultan Tidore Husain Syah. (Dok. Facebook Husain Alting)

Ternate, malutpost.id -- Maluku Utara (Malut) kembali kehilangan salah satu tokoh terbaik. Adalah Hi. Burhan Abdurahman, mantan Wali Kota Ternate dua periode tutup usia. 

Kabar berpulangnya pria yang biasa disapa Hj Bur ini meninggalkan kesedihan bagi orang banyak terlebih kerabat dekatnya di pemerintahan. 

"Iya, beliau so kase tinggal pa torang tu (beliau sudah meninggalkan kita),"ucap Sultan Tidore, Hi. Husain Alting Syah, dengan suara terbata-bata melalui sambungan telepon kepada malutpost.id, Ahad (4/7/2021).

Sultan juga mengungkapkan rasa kehilangannya tersendiri, atas kepergian Hj Bur. Bagi Sultan, Hj Bur adalah sosok inspirasi bagi banyak orang dengan jiwa sosialnya. 

"Orangnya sangat baik, orang yang menjadi inspirasi bagi orang banyak. Menjadi contoh, teladan terbaik bagi masyarakat Maluku Utara yang pernah saya kenal,"ungkap Anggota DPD RI Perwakilan Malut itu.

Tidak hanya sikap, tutur kata pria kelahiran Ternate, 1 Desember 1956 itu juga sangat lembut dan tidak pernah menzalimi orang lain. "Segala hal yang tertuju ke beliau, selalu saja dibalas dengan kebaikan,"ujarnya.

"Beliau juga paling taat pada Allah SWT dan pada orang tuanya. Itu yang saya ketahui,"pungkasnya.

Sekadar diketahui, lelaki yang pernah memimpin Ternate pada periode 2010-2015 dan 2016-2021 itu dikabarkan meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan saat dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Ia dikabarkan meninggal pada  pukul 14.00 Wit, Ahad (4/7/2021) hari ini. Hj Burhan meninggalkan seorang istri Rosdiana yang dinikahinya pada 2019 lalu. Almarhum sering menjalani pengobatan rutin di Makassar karena menderita sakit. (rey)


_

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram Salim