Dihantam Ombak 5 Meter, KM Aksar 09 Tujuan Manado-Ternate Tertahan di Batang Dua

KM Aksar Saputra 09 saat berlabuh di Batang Dua akibat cuaca buruk. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Kapal Motor Aksar Saputra 09 yang berlayar dari Manado tujuan Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, terpaksa berlabuh di Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate tepatnya di Kelurahan Bido.

Penyebabnya cuaca buruk yang menyebabkan gelombang tinggi di perairan yang dilalui kapal tersebut. 

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (KBPP) KSOP kelas II Ternate, Miraza Polpoke mengatakan, kapal tersebut berlabuh di Batang Dua pada pukul 12.00 WIT. Akibat dari tinggi gelombang yang terjadi diperairan Batang Dua.

"Informasi yang diterima dari Danpos KSOP wilayah Batang Dua bahwa KM. Aksar Saputra 09 berteduh dengan aman dan penumpang dalam kedaan selamat,"tandasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan tinggi gelombang di wilayah Batang Dua mencapai 2,5 hingga 4 meter. Kondisi itu juga terjadi di diperairan seperti Loloda, perairan selatan Kepulauan Sula, dan Samudera Pasifik Utara Halmahera.

"Untuk kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa laut agar mencermati informasi yang telah diberikan,"ungkap kepala seksi Data dan Informasi BMKG Setiawan.(tr-03)


_

Peliput : Muhatir Badaruddin

Editor   : Ikram Salim