Jenazah Mantan Wali Kota Ternate Dimakamkan di Macanda, Sulawesi Selatan

Petugas RS Sayang Rakyat, Makassar menyerahkan dokumen penyerahan jenazah mendiang Hj Burhan Abdurahman kepada Sekretaris Kota Ternate, Jusuf Sunya, Senin (5/7/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Jenazah mendiang mantan Wali Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara Burhan Abdurahman tak bisa dipulangkan dari Makassar, Sulawesi Selatan ke tanah kelahirannya di Ternate. Pasalnya, saat meninggal almarhum terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga terkendala izin keberangkatan jenazah yang terpapar covid.

Mantan Wali Kota dua periode itu pun dimakamkan di pemakamam khusus Covid-19 di Macanda, Gowa Sulawesi Selatan. Pukul 11.00 WIT waktu Makassar, jenazah almarhum diserahkan oleh RS Sayang Rakyat, Makassar kepada pihak keluarga dan Pemkot Ternate yang diwakili oleh Sekretaris Kota Ternate Jusuf Sunya.

Jenazah almarhum disalatkan dengan protokol covid oleh keluarga almarhum yang diimami oleh Sekkot Jusuf Sunya kemudian diantar ke pemakaman sekira pukul 12.50 WIT. "Ia jenazah dimakamkan di pemakaman Macanda,"kata Sekkot Jusuf Sunya saat dikonfirmasi malutpost.id, Senin (5/7/2021).

Sementara kepergiaan pria yang akrab disapa Haji Bur itu meninggalkan kesedihan mendalam bagi kolega maupun masyarakat Kota Ternate. Tidak sedikit masyarakat yang berharap agar jenazahnya dipulangkan ke Ternate dan dimamkan di tanah yang pernah ia bangun semasa menjabat wali kota. 

"Tak bisa berkata-kata beliau orang baik membangun kota kelahiranku dengan baik tetapi diakhir hayatnya jenazahnya tidak bisa dikebumikan di kaki Gunung Gamalama Ternate. Selama jalan Pak Bur. Jasa-jasamu akan terpatri dalam sejarah kota Ternate dan dikenang selalu. Alfatiha" tulis akun Facebook Tommy Rusihan Arief mengomentari unggahan Hasby Yusup yang memosting foto dirinya bersama pihak RS Sayang Rakyat saat menerima surat penyerahan jenazah.

"Berharap biar cuma lia pe keranda saja me tara bisa tuh (berharap bisa lihat keranda jenazahnya pun tidak bisa)..Ya Allah lapangkanlah kuburannya"kata akun Rina M Fikri II mengomentari status yang diunggah Hasbi Yusup.

"Sedih sekali abang, jenazah beliau tidak bisa balik ke kota dimana beliau mengabdi n bangun seindah ini...Selamat jalan Haji BUR...Allah lapangkan kubur beliau"kata Isnain Baylussi. (ikh)


_

Peliput : Tim

Editor   : Ikram Salim