Jaksa Kembalikan Berkas Kasus Kebakaran KM Karya Indah, Ini Petunjuknya

Kombes Pol Djarod Agung Riadi. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Jaksa Peneliti Kejaksaan Tinggi Maluku Utara mengembalikan berkas perkara 2 tersangka kasus terbakarnya kapal KM Karya Indah di perairan Lifmatola, Kepulauan Sula ke Ditpolairud Polda Malut. 

Dalam petunjuknya (P-18) jaksa meminta penyidik menyertakan keterangan dari Laboratorium Forensik Makassar untuk melengkapi berkas milik nahkoda dan kepala kamar mesin. Pasalnya, hasil uji forensik akan mengungkap penyebab terbakarnya kapal yang terjadi pada Sabtu, 29 Mei 2021 lalu. 

"Berkas kasus sudah tahap satu dan sudah ada petunjuk jaksa untuk melengkapi keterangan,"kata Direktur Ditpolairud Polda Maluku Utara Kombes Pol Djarot Agung Riadi saat ditemui malutpost.id, Selasa (6/7/2021).  

Djarot menjelaskan, pihaknya juga masih menunggu hasil uji labfornya. Dalam petunjuk lainnya, jaksa juga meminta tambahan keterangan saksi-saksi. Dia meminta masyarakat bersabar. Setelah ada hasil labfor, maka pihaknya akan menjelaskan secara detail kepada masyarakat tentang penyebab kebakaran. 

"Labfornya memang belum ada mengirimkan hasilnya. Kita masih menunggu, bersabar ya mudah-mudahan nanti jika sudah ada dari labfor kita bisa menjawab untuk P-19 nya," terang Djarot pada malutpost.id, Selasa (6/7/2021).

Di singgung soal tersangka lain, perwira tiga melati itu mengaku belum bisa memastikan. Penyidik baru bisa menyimpulkan detail masalah setelah mengantongi hasil uji labfor.

"Kalau memang harus ada tambahan tersangka ya gak ada masalah, kita lihat aja petunjuk jaksa seperti apa," ujar Djarot.

Seperti diketahui 2 orang resmi ditetapkan sebagai tersangka atas insiden terbakarnya KM Karya Indah di perairan Pulau Lifmatola, Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Satu penumpang atas nama Dedy Hidayat dinyatakan tewas dalam peristiwa itu. Kapal tersebut berlayar dari pelabuhan Ahmad Yani, Kota Ternate menuju Kepsul membawa 283 penumpang termasuk 35 anak-anak dan 14 ABK. Belakangan, hanya ada 181 penumpang dan 14 ABK yang tercatat  dalam manives.(mg-06)


_

Peliput : Muhlis Idrus

Editor   : Ikram Salim