Ternate ‘Koleksi’ 416 Pasien Positif, DPRD Nilai Satgas Covid Lemah

Ilustrasi pasien Covid-19. (Unplash.com)

Ternate, malutpost.id – Lonjakan kasus covid-19 di Kota Ternate sangat tinggi. Hingga Kamis (8/7/2021), jumlah pasien positif mencapai 416 orang. Peningkatan kasus baru yang terjadi di daerah zona merah ini tidak berbanding lurus dengan pengawasan terhadap arus manusia dan penerapan protokol kesehatan. 

Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailusy menilai Satgas Covid-19 lemah dalam melakukan pengawasan. Hal ini ikut mempengaruhi lonjakan pasien positif. ”Untuk menekan jumlah pasien positif, tim Satgas harus lebih ketat melakukan pengawasan terutama di pintu-pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan,” tandasnya kepada malutpost.id, Kamis (8/7/2021).

Di samping itu, potensi penularan virus bisa terjadi akibat longgarnya social distancing terutama banyaknya kerumunan dan lemahnya penerapan protokol kesehatan. Karena itu, dia meminta Satgas Covid untuk intens melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan terutama mamakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menghindari kerumunan.

Selain Satgas Covid, politisi PKB ini juga meminta kepada semua lembaga pelayanan publik baik pemerintah maupun swasta untuk meningkatkan protokol kesehatan secara ketat serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Warga pun diminta patuhi protokol kesehatan demi keselamatan bersama. ”Prinsipnya, mari kita sama-sama melawan Covid-19 ini, agar Ternate bisa meminimalisir angka penderita untuk kembali ke zona hijau,” tambahnya.(mg-07)


_

Peliput : Faisal Sidik

Editor   : Ismit Alkatiri